Tokoh Adat Tabi dan Memberamo Raya Kompak Dukung Kelanjutan Otsus Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAYAPURA – Kelanjutan program Otonomi khusus (Otsus) di Tanah Papua mendapat dukungan dari tokoh adat Tabi Herman Yoku.

“Otsus harus tetap berlanjut demi kesejahteraan masyarakat Papua,” ujarnya, dikutip Senin 20 September 2021.

Meski demikian, ia berharap aliran dana Otsus jilid II nanti bisa lebih tepat sasaran. Ia menilai, hampir 20 tahun Otsus di Papua, diduga kebanyakan dipangkas oleh oknum-oknum pejabat daerah.

“Sehingga masyarakat tidak pernah merasakan dampaknya dan mereka malah merasa ditipu oleh negara,” katanya.

Untuk itu, perlu sosialisasi massif agar masyarakat bisa memahami tata kelola dana Otsus ke depan dari pemerintah daerah setempat.

Herman pun mendorong masyarakat Papua untuk mendukung keberlanjutan Otsus. “Saya minta masyarakat adat Tabi untuk kita saling menjaga, membangun dan selalu mengingatkan bahwa keberlangsungan Otsus bagi masyarakat Papua sangat penting,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh tokoh adat Kawera Mamberamo Raya Simson Soromaja. Ia mengatakan, masyarakat Papua harus bersyukur atas pemberian kebijakan Otsus dari pemerintah pusat. Untuk itu, para pemangku kebijakan di daerah wajib memenuhi hak-hak masyarakat yang sudah diatur dalam UU Otsus jilid II.

“Pemerintahan di Papua juga perlu melibatkan tokoh adat dan tokoh agama karena apabila salah satunya tidak dilibatkan, hakikat pembangunan tidak akan pernah tercapai,” katanya.

Ia juga berharap agar ke depan, para tokoh perempuan dan anak muda Papua harus dibekali pendidikan dan kemampuan yang layak sehingga bisa ikut membantu membangun Papua.

“Bukan hanya dukungan uang, tapi kualitas pendidikan. Di sini, masih banyak anak yang kurang dapat pendidikan karena kualitas guru dan pelayanan masih rendah. Adanya otonomi khusus yang telah disempurnakan kiranya anak-anak dapat dipenuhi kebutuhan pendidikannya di daerah sendiri,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini