TNI Ungsikan 3.100 Warga dari Wamena Gunakan Hercules

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Tercatat ada 3.100 warga yang diungsikan oleh TNI menggunakan pesawat Hercules ke Jayapura pasca kericuhan di Wamena. Hal itu diungkapkan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kepada wartawan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin 30 September 2019.

Hadi mengatakan pengungsi yang diutamakan adalah perempuan dan anak-anak. Dia berharap remaja dan bapak-bapak tetap di Wamena untuk menjalankan perekonomian.

Selain mengungsikan masyarakat, Hadi mengatakan TNI sudah mengirimkan bantuan ke Wamena. Selain itu, satu kapal rumah sakit KRI Soeharso diterjunkan ke lokasi.

“Satu kapal RS KRI Subarso, dengan tenaga medisnya dengan kemampuan spesialis patah tulang, luka bakar, dan luka karena benda tumpul disiagakan,” katanya.

Sebelumnya, kerusuhan di Wamena terjadi pada Senin 23 September 2019 pukul 09.00 WIT. Sejumlah bangunan, seperti rumah dinas, ruko, dan kantor bupati, dibakar massa serta menimbulkan korban tewas.

Korban tewas akibat demo berujung anarki di Wamena, Jayawijaya, Papua, kemudian mencapai 30 orang pada Rabu 25 September 2019. Sebagian besar jenazah sudah dibawa ke Jayapura.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini