MINEWS, JAKARTA – Sampai saat ini, kasus temuan surat suara tercoblos yang ditemukan di Selangor, Malaysia, masih dalam tahap penyelidikan oleh pihak-pihak berwenang, dalam hal ini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Ketua Bawaslu Abhan berkata pihaknya sampai saat ini masih melakukan verifikasi atas temuan itu untuk memastikan kebenaran di balik surat suara yang sudah tercoblos Jokowi-Ma’ruf dan salah satu caleg dari Partai Nasdem.

“Kami verifikasi, kami validasi. Surat itu benar yang diproduksi KPU, makanya kami koordinasi dengan KPU tentang ini,” ujar Abhan di Jakarta, Kamis 11 April 2019.

Koordinasi non formal pun sudah ditempuh Bawaslu kepada KPU. Kedua pihak mengaku masih membutuhkan waktu untuk penyelidikan mendalam kasus ini.

Secara garis besar, Abhan menjelaskan kronologi adanya surat suara yang tercoblos itu. Pada awalnya, pihaknya menemukan adanya laporan mengenai hal itu.

Setelah itu, laporan itu segera dilakukan tindak lanjut oleh jajaran pengawas luar negeri dari Bawaslu di sana. Dan sampai saat ini, pihaknya masih tengah mengumpulkan bukti, terkait adanya dugaan surat suara dicoblos.

Temuan surat suara tercoblos ini terungkap melalui video yang viral di media sosial. Video itu menunjukkan penggerebekan lokasi tempat penyelundupan surat suara di sebuah ruko di Selangor, Malaysia.

Dalam video itu, disebutkan surat suara Pilpres telah tercoblos pada bagian pasangan Calon Presiden nomor urut 01, surat suara pileg untuk Partai Nasdem dengan caleg Nomor urut 3 dengan nama Achmad.