Tingkatkan Kualitas SDM di Ponpes, Jokowi Bangun 3.000 BLK

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kualitas sumber daya manusia (SDM) saat ini menjadi fokus utama Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk ditingkatkan setelah sebelumnya gencar meningkatkan pembangunan infrastruktur.

Orang nomor satu di Indonesia ini menargetkan pembangunan 3.000 balai latihan kerja (BLK) Komunitas di pondok pesantren sampai 2020 di seluruh Indonesia.

“Tahun ini, kami akan bangun Insya Allah 1.000 BLK Komunitas. Tahun depan minimal 3.000 harus terbangun karena jumlah ponpes kita ini 29 ribu di seluruh Tanah Air,” ujar Jokowi dalam acara penandatanganan perjanjian kerja sama BLK Komunitas di Hotel Sahid, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu 20 Februari 2019.

Namun, jumlah 3.000 BLK yang akan dibangun tahun 2020 masih minimal. Jokowi akan mengevaluasi BLK Komunitas yang sudah dibangun terlebih dahulu.

“Kalau memang nanti benar manfaatnya betul-betul bisa maksimal, mungkin tidak 3.000. Karena bagian menentukan anggaran itu saya. Pak menteri boleh usul, tapi saya yang memutuskan,” ujarnya.

Orang nomor satu di Indonesia ini mempersilakan setiap ponpes membangun BLK sesuai kebutuhannya seperti di bidang IT atau pertanian. Ia juga berharap para santri terbuka lebar peluang diterima di beberapa lapangan pekerjaan.

“Kerja Sama silakan, artinya setelah dilatih ini ada yang menerima nantinya. Misalnya IT, bisa diterima di perbankan-perbankan yang kita miliki kenapa tidak,” katanya.

Berita Terbaru

Pemerintah Bangun IKN Dengan Tetap Memberdayakan Masyarakat Lokal

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur bukan hanya tentang memindahkan pusat pemerintahan, tapi juga tentang membangun masa...
- Advertisement -

Baca berita yang ini