Tingkatkan Kebugaran saat Lockdown, Pemain Garuda Select Lahap Lari 1000 Meter

Baca Juga

MATA INDONESIA, LOUGHBOROUGH – Di tengah situasi lockdown yang diterapkan pemerintah Inggris, skuat Garuda Select tetap menggelar latihan untuk meningkatkan kebugaran. Salah satunya dengan latihan lari 1000 meter.

Hampir dua bulan berada di Inggris, pemain Garuda Select masih belum bisa menggelar laga uji coba lagi karena masih lockdown. Mereka baru satu kali melakukan uji coba melawan Port Vale yang berakhir imbang 1-1.

Untuk menyiasatinya, para pemain Garuda Select digebar latihan fisik agar nantinya tetap dalam kondisi bugar ketika lockdown dicabut. Salah satu latihan yang digelar tim pelatih adalah lari 1000 meter.

“Kami memulai dengan melihat seberapa cepat para pemain bisa berlari menempuh jarak 1000 meter lalu kami menambahkan 10 detik dari waktu terbaik mereka sebagai standar untuk tiga kali lari. Kami menambah jumlah tersebut menjadi empat, lima, enam hingga tujuh kali per harinya. Setelah itu, jumlahnya menurun menjadi enam, lima, empat, dan kembali ke tiga,” kata asisten pelatih Garuda Select, Danny Holmes.

“Ini adalah tantangan yang sangat sulit. Beberapa pemain merasa lebih kesulitan untuk menyelesaikannya ketimbang rekan-rekannya. Tetapi latihan ini akan bermanfaat bagi mereka untuk berada dalam tingkat kebugaran terbaik ketika kembali bertanding,” ujarnya.

Holmes menjelaskan bahwa fisik bukan satu-satunya hal yang diuji melalui lari 1000 meter, tapi juga mental.

“Jika mereka benar-benar ingin menjadi pesepakbola, maka jalannya tidak mudah. Mereka harus bekerja ekstra keras untuk bisa mencapai level top. Mungkin, beberapa dari mereka baru menyadari betapa sulitnya hal tersebut ketika menjalani latihan lari 1000 meter,” ungkap Holmes.

Catatan waktu terbaik ditorehkan kapten Garuda Select, Edgard Amping. Ia hanya butuh waktu tiga menit tiga detik untuk menyelesaikan satu putaran 1000 meter. Itu adalah sebuah catatan waktu yang sangat baik untuk pemain seusianya, bahkan jika dibandingkan dengan pemain-pemain muda di Inggris.

“Saya pikir Edgard ditantang oleh Dennis (Wise) dan Des (Walker) untuk mencatatkan waktu tiga menit, sayangnya meleset sedikit. Tiga menit untuk lari 1000 meter adalah catatan waktu yang sangat baik,” kata Holmes.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini