Tiga Bulan Lagi, Ilmuan Israel Pastikan Obat Corona Bakal Tersedia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Beberapa negara saat ini tengah berusaha mencari dan menemukan obat untuk menyembuhkan virus corona, salah satunya Israel.

Menteri Sains dan Teknologi Israel Ofir Akunis, memastikan para ilmuwan dapat menyediakan vaksi virus corona dalam waktu 90 hari lagi jika semua proses berjalan lancar.

“Saya yakin akan kemajuan yang pesat ini sehingga kita bisa merespons ancaman global Covid-19,” kata Akunis, seperti dikutip laman the Jerusalem Post dan dilansir laman Sputnik News.

Para ilmuwan itu selama empat tahun terakhir sudah bekerja untuk mengembangkan vaksin virus bronchitis (IBV), masih jenis virus corona yang menyerang ayam. Setelah ilmuwan melihat mengetahui DNA dari virus Covid-19, para peneliti Institut Penelitian Galilee (MIGAL) menemukan IBV secara genetik mirip dengan virus corona baru itu dan metode infeksinya juga sama.

Karena alasan itulah para ilmuwan Israel kini tengah mengembangkan vaksin IBV, supaya bisa segera menemukan vaksin untuk Covid-19 lebih cepat, kata Dr Chen Katz, kepala bioteknologi MIGAL.

“Konsep dasar kami adalah untuk mengembangkan teknologi dan tidak hanya spesifik untuk jenis virus tertentu,” katanya.

Merujuk vaksi IBV, kerangka kerja ilmuwan untuk vaksin ini berdasarkan vektor protein baru yang membentuk dan mengeluarkan protein yang larut hingga memicu antigen viral jaringan mukosa yang terbentuk sendiri hingga menyebabkan tubuh memproduksi antibodi untuk virus ini.

Menurut Katz, vaksin IBV itu nantinya akan dimodifikasi untuk Covid-19. “Yang perlu kita lakukan hanyalah menyesuaikan sistem ini ke virus corona jenis baru ini. Kita sedang mengerjakan ini dan semoga dalam beberapa pekan kita sudah punya vaksinnya,” katanya.

Meski MIGAL tengah mengembangkan vaksin baru, namun obat masih diperlukan untuk menjalani uji klinis dan produksi massal sebelum tersedia secara komersil.

CEO MIGAL David Zigdon mengatakan mereka saat ini tengah berupaya agar vaksin baru ini segera disetujui secepatnya.

“Karena saat ini ada keperluan mendesak vaksin untuk virus corona, maka kami berusaha melakukan apa saja untuk mempercepat prosesnya,” kata Zigdo.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini