The Beast, Tunggangan Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih yang Tak Bisa Ditembus Bom

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Joe Biden resmi dilantik sebagai Presiden AS ke-46 pada Rabu, 20 Januari 2021. Nah, berbagai fasilitas didapatkan ketika seseorang menjadi presiden. Salah satunya kendaraan operasional yang digunakan sehari-hari.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden bakal menggunakan The Beast, mobil limosin kepresidenan Cadillac yang didaulat sebagai mobil teraman di dunia.

Apa yang membuat limusin hitam tunggangan baru Joe Biden itu teraman? Bukan hanya lambang kemewahan tapi juga benteng yang diklaim tak bisa ditembus.

AS memutuskan perlindungan dan keamanan di darat ke tingkat yang sama sekali baru ketika presidennya dalam perjalanan. Bodi The Beast berlapis baja kelas militer yang setidaknya setebal 5 inci.

Kombinasi baja kekerasan ganda, aluminium, titanium, dan keramik untuk menghandurkan proyektil peluru.

Pintu berlapis baja tebalnya 8 inci yang beratnya sama dengan pintu kabin pesawat jet Boeing 757. Ketika tertutup sepenuhnya, itu memberikan segel lengkap dari dunia luar. Segel seperti itulah akan menghalau serangan kimiawi.

Segel berupa pintu tersebut diperkuat lagi dengan jendela-jendela yang memiliki lima lapis kaca dan polikarbonat. Ini sekaligus dapat menahan peluru yang menembus lapis baja.

Sasis Cadilac The Beast diperkuat dengan pelat baja untuk melindungi kendaraan Presiden AS dari serangan bom.

Bannya yang diperkuat dengan bahan Kevlar yang tahan rusak dan tahan tusukan dengan pelek baja di bawahnya. Roda akan terus menggelinding meskipun bannya rusak.

Di interiornya, The Beast menggabungkan kemewahan dengan tingkat perlindungan yang sama seperti pada bodi.

Kompartemen belakang mobil Presiden AS dapat menampung empat penumpang dengan partisi kaca. Partisi atau penyekat ini hanya dapat diturunkan dengan sakelar yang dikendalikan Presiden AS.

Presiden Joe Biden, juga Donal Trump sebagai pengguna sebelumnya, mendapatkan fasilitas telepon satelit dengan tautan langsung ke Wakil Presiden dan Pentagon, kantor Departemen Pertahanan AS.

Tangki bahan bakar dilapisi lapis baja dan diisi busa khusus yang mencegahnya meledak bahkan setelah terlibat dalam kecelakaan. Bagasi mobil limosin kepresidenan ini memiliki sistem pemadam kebakaran, gas air mata, dan dispenser pelindung asap.

Limusin khusus The Beast ini juga sarat dengan senapan pompa dan meriam gas air mata. Kantong-kantong golongan darah presiden disimpan di papan jika dia membutuhkan transfusi.

Kompartemen pengemudi memiliki pusat komunikasi dan sistem pelacakan GPS. Di depan, di bawah gril, ada kamera tersembunyi dengan fasilitas penglihatan malam (night vision).

Dibutuhkan orang yang istimewa untuk mengemudikan kendaraan khusus Presiden Joe Biden. Pengemudinya berkemampuan sangat tinggi dan telah menjalani pelatihan yang ketat untuk memastikan dia mampu menangani The Beast dan menjaga keselamatan Presiden AS.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini