Thailand Raja Piala AFF, Indonesia Jangan Ciut

Baca Juga

MATA INDONESIA, SINGAPURA – Sejak dimulai pada 1996, Thailand menjadi raja Piala AFF. Tim Negeri Gajah Putih sudah lima kali juara dari delapan kali tampil final.

Thailand akan mencoba meraih gelar keenam Piala AFF saat menghadapi Indonesia, 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022 di National Stadium. Dari delapan kali tampil di final, mereka lima kali menjadi juara.

Dari lima kali keberhasilan menjadi juara Piala AFF, Thailand tiga kali mengalahkan Indonesia (2000, 2002, 2016). Ini menjadi final kesembilan untuk tim besutan Alexandre Polking.

Sementara itu, Indonesia sudah enam kali lolos ke final Piala AFF (2000, 2002, 2004, 2010, 2016, 2020). Sayang, dari lima kali lolos ke final sebelumnya, Tim Merah Putih selalu menjadi runner-up.

Menpora Zainduin Amali mengakui kekuatan Thailand di Asia Tenggara. Tapi, dia yakin tim asuhan Shin Tae-yong bisa meraih kemenangan.

“Bagi saya tim yang sudah masuk ke final adalah tim berkualitas, semuanya memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing yang akan ditentukan dan dilihat langsung di lapangan,” ujarnya.

“Beberapa tahun terakhir kita tahu Thailand memang mendominasi persepakbolaan di Asia Tenggara, tapi penting diingat Indonesia bukan tim sembarangan,” katanya.

Indonesia lolos ke final Piala AFF 2020 usai mengalahkan Singapura dengan agrgeat 5-3, sementara Thailand menyingkirkan Vietnam dengan agregat 2-0.

“Lolosnya Timnas Indonesia ke final berarti sudah melalui rintangan dan hadangan dari tim negara Asean lainnya, meskipun sebelumnya tidak banyak yang mengunggulkan Timnas Indonesia. Bahkan ada tim dari negara peserta lainnya “meremehkan” kekuatan Timnas kita,” ucapnya.

“Tapi semua anggapan itu terpatahkan oleh racikan strategi apik dari pelatih Shin Tae-yong dengan materi pemain muda yang dibawanya ke Singapura. Saya tetap optimistis Timnas kita bisa meladeni Thailand. Saya percaya pemain kita akan membuktikan kualitas mereka dengan panduan pelatih Shin Tae-yong yang sudah teruji dan punya jam terbang internasional (piala dunia),” ungkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini