Tetap Waspada, Jakarta Bakal Diguyur Hujan 10 Hari Mendatang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Curah hujan di Jakarta dalam 10 hari mendatang diprediksi akan terjadi pada intensitas menengah yaitu  berkisar antara 50-150 mm. Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Dodo Gunawan.

“Khusus untuk DKI secara per 10 harian hujannya dalam kondisi menengah,” kata Dodo pada Sabtu 23 Januari 2021.

Ia pun mengingatkan kepada Pemprov DKI Jakarta agar mewaspadai datangnya bencana hidrometeorologi seperti genangan banjir, banjir bandang dan sebagainya. Terlebih cuaca ekstrem yang melanda ibu kota tercatat sering terjadi.

Apabila lengah, maka dampak hidrometeorologi akan memperburuk kondisi saat Jakarta memasuki puncak musim hujan yang diperkirakan terjadi pada Februari.

“Dampak hidrometeorologinya tetap harus diwaspadai tidak hanya faktor tunggal, ada faktor lain yang memberikan dampak apa yang terjadi di permukaannya,” kata Dodo.

Adapun peningkatan tren curah hujan ekstrem ini selain dipicu oleh gangguan iklim, dipicu juga adanya perubahan iklim.

Maka  adanya informasi mengenai potensi banjir hingga 10 hari mendatang ini, diharapkan bisa menjadi upaya mitigasi supaya masyarakat bisa lebih waspada terhadap ancaman bencana banjir, longsor dan banjir bandang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini