Terungkap! Ternyata Ini Dalang Penyakit Terkait Vaping

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pejabat otoritas kesehatan di Amerika Serikat akhirnya mengungkap penyebab wabah penyakit yang disebabkan oleh vaping yakni Vitamin E asetat.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengumumkan saran terbaru tersebut pada Jumat 20 Desember 2019. Sementara itu, penyelidik yang menelusuri asal produk vape yang membuat penggunanya jatuh sakit mengatakan bahwa mereka telah menutup 44 situs di internet yang mengiklankan penjualan kartrid vaping ilegal yang mengandung Tetrahydrocannabinol (THC).

Saran medis terbaru itu didasarkan pada penelitian terhadap sekitar tiga persen pasien penyakit akibat vaping kembali ke rumah sakit dan terdapat tujuh orang meninggal setelah keluar dari rumah sakit. Studi ini menunjukkan bahwa penyakit akibat vaping dapat menjadi lebih buruk, bahkan mematikan, setelah pasien meninggalkan rumah sakit.

Hal tersebut membuat dokter harus memeriksa pasien dalam waktu dua hari setelah memperbolehkan mereka pulang. Tindak lanjut dua hari setelah keluar dari rumah sakit sebenarnya lebih pendek dari rekomendasi sebelumnya, yaitu satu hingga dua pekan.

Dibandingkan dengan pasien penyakit vaping lainnya, mereka yang kembali ke rumah sakit lebih mungkin memiliki kondisi kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, atau masalah pernapasan lainnya, seperti sleep apnea. Selain itu, mereka yang meninggal setelah keluar dari rumah sakit diperkirakan berusia 50 atau lebih.

CDC juga merilis informasi baru yang terus mengarah bahwa dalangnya adalah vitamin E asetat, agen penebalan yang telah ditambahkan ke cairan vaping THC ilegal. THC adalah bahan kimia dalam ganja yang membuat pengguna merasa ngefly.

Sebuah laporan yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine mengidentifikasi bahwa terdapat zat dalam cairan paru-paru 48 dari 51 pasien penyakit vaping dan tidak menemukannya dalam cairan paru-paru orang sehat. Selain itu, vitamin E asetat juga telah ditemukan dalam sampel produk vaping.

Dr Anne Schuchat dari CDC mengatakan kepada wartawan saat konferensi singkat pada hari Jumat bahwa kesimpulannya adalah vitamin E asetat menjadi penyebab penyakit pada sebagian besar pasien. Sementara itu, wabah nasional di AS terkait cedera paru terus berlanjut, tetapi kasus baru terpantau menurun.

Lebih dari 2.500 kasus penyakit vaping telah dilaporkan oleh 50 negara. Ada 54 kematian dan lebih banyak kematian sedang diselidiki.

 

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini