Terungkap, Pembunuh Briptu Heidar adalah KKB Pimpinan Goliat Tabuni

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Misteri siapa pelaku utama penyanderaan dan pembunuhan terhadap Briptu Heidar di Kabupaten Puncak, Papua akhirnya terungkap.

Menurut penelusuran kepolisian, pembunuhan yang terjadi pada Senin 12 Agustus 2019 kemarin itu dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata yang dipimpin oleh salah satu jenderal senior Organisasi Papua Merdeka (OPM), yakni Goliat Tabuni.

Dijelaskan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, dalang utama penyanderaan dan penembakan terhadap Briptu Heidar itu adalah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Goliat Tabuni.

“Daerah itu dikuasai kelompok G dan yang mengekseskusi atau melakukan penembakan berinisial YM,” ujar Brigjen Dedi di Jakarta, Selasa 13 Agustus 2019.

Saat peristiwa itu terjadi, Briptu Hedar tengah melakukan penyelidikan di Kampung Usir, Puncak, Papua, terkait KKB. Wilayah tersebut disebut menjadi salah satu basis operasi kelompok separatis yang dipimpin Goliat Tabuni.

Dedi menjelaskan, Heidar saat itu tidak membawa senjata dan tengah melakukan penyelidikan, jadi tidak mengenakan identitas kepolisian apapun. Heidar disebut masuk terlalu dalam untuk menelusuri kelompok kriminal tersebut yang sering melakukan intimidasi ke masyarakat setempat.

Hingga kini, tim gabungan TNI-Polri tengah melakukan pengejaran terhadap KKB di Puncak, Papua. Sementara Briptu Heidar telah dimakamkan di kampungnya di Barru, Sulawesi Selatan.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini