Terungkap, Apple dan Cina Teken Kontrak Rahasia Bernilai Triliunan Rupiah!

Baca Juga

MATA INDONESIA, BEIJING – Chief Executive Officer (CEO) Apple, Tim Cook diketahui menandatangani kesepakatan rahasia bernilai multi-miliar USD dengan pejabat Cina! Kesepakatan ini demi memuluskan ambisi Iphone di Negeri Tirai Bambu.

Menurut laporan terbaru The Information, Cook secara pribadi bertemu dengan pejabat Cina tahun 2016 dan menjalin kesepakatan rahasia lima tahun senilai 275 miliar USD atau sekitar 3,944 triliun Rupiah!

Kontrak rahasia ini memungkinkan perusahan asal Amerika Serikat (AS) itu bebas melakukan bisnis di Cina, sebagai imbalan untuk membantunya mengembangkan teknologinya.

“Cook mengunjungi Cina pada 2016 setelah regulator pemerintah mulai meloloskan serangkaian tindakan yang menghambat aktivitas raksasa teknologi di negara itu,” menurut laporan tersebut, melansir Iphone in Canada.

Para eksekutif Apple khawatir dengan ancaman pemerintah Cina terhadap berbagai fitur seperti Apple Pay, iCloud, dan App Store, yang mendorong Cook untuk mengadakan serangkaian pertemuan rahasia dengan para pejabat Beijing.

“Cook dan pejabat Partai Komunis datang ke memorandum of understanding. Apple berjanji untuk menginvestasikan sekitar 275 miliar USD ke dalam ekonomi Cina selama periode lima tahun,” sambung laporan tersebut.

Menurut seseorang yang mengetahui perjanjian tersebut, landasan strategi Cook adalah nota kesepahaman antara Apple dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional, badan perencanaan ekonomi Cina yang kuat.

Di mana perjanjian yang berisi sebanyak 1.250 kata pada awalnya disusun oleh tim urusan pemerintah Apple di Cina sebagai cara untuk meningkatkan hubungan dengan Beijing dan memenangkan audiensi dengan para pemimpin senior.

“Pertemuan tatap muka dengan pejabat tinggi Cina menjadi prioritas bagi petinggi Apple setelah regulator menutup buku dan film iTunes pada April 2016,” kata orang tersebut.

Apple dilaporkan menginvestasikan dana senilai 1 miliar USD di perusahaan Cina Didi Chuxing untuk menenangkan pihak berwenang, tambah laporan itu. Kemudian, Cook, Chief Operating Officer Apple Jeff Williams, dan kepala urusan pemerintahan, Lisa Jackson bertemu dengan pejabat senior pemerintah di Zhongnanhai, markas pusat Partai Komunis China.

Tidak ada pihak yang mengungkapkan rincian kunjungan tersebut, tetapi mereka sebagian berada di sana untuk menandatangani kesepakatan ekonomi. Di mana Apple berkomitmen untuk membantu Cina, termasuk janji untuk membantu produsen Cina mengembangkan teknologi manufaktur paling canggih dan mendukung pelatihan talenta Cina berkualitas tinggi.

“Apple juga berkomitmen menggunakan lebih banyak komponen dari pemasok Cina di perangkatnya, menandatangani kesepakatan dengan perusahaan perangkat lunak Cina, berkolaborasi dalam teknologi dengan universitas Cina dan berinvestasi langsung di perusahaan teknologi Cina,” menurut laporan itu.

Tidak sedikit perusahaan asal AS yang mendapat kecaman dari dalam negeri karena memperluas operasi bisnis mereka di Cina, yang telah dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia terhadap Muslim Uyghur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini