Terungkap Alasan Xanana Gusmao Memeluk BJ Habibie di Rumah Sakit, Bikin Haru

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Terungkap jelas mengapa mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao mengunjungi almarhum BJ Habibie saat terbaring sakit di RSPAD Gatot Subroto. Saat itu, Xanana menyampaikan undangan peresmian Jembatan BJ Habibie yang dibangun di Kota Dili.

“Itu yang menyebabkan Pak Xanana datang dan ingin bertemu Habibie di kediamannya, tetapi tidak bisa dilakukan karena beliau sakit dan berada di RSPAD,” ujar Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia Alberto XP Carlos di Jakarta, Jum’at 13 September 2019.

Undangan itu tentu saja tidak bisa dipenuhi Habibie karena penyakit yang diderita tidak memungkinkannya bepergian jauh.

Menurut Carlos saat Xanana melihat Habibie di ranjang rumah sakit beberapa waktu lalu timbullah perasaan yang sangat sedih. Sebab dia biasanya melihat Habibie sebagai orang yang enerjik dan memiliki semangat luar biasa, dilihatnya terbaring lemah tidak berdaya.

Itulah yang membuat Xanana berlutut di samping ranjang Habibie karena berupaya memeluknya sambil menyampaikan pesan undangan peresmian jembatan dan peringatan 20 tahun Referendum Timor Leste yang jatuh 30 Agustus 2019.

Menurut Carlos waktu itu Xanana mengatakan kepada Habibie, “Bapak, kami sudah 20 tahun referendum, rakyat Timor Leste mengharapkan Bapak datang ke Timor Leste.”

Dubes Timor Leste untuk Indonesia itu memang menilainya sebagai pertemuan yang sangat mengharukan antara dua tokoh negara, antara seorang mantan tahanan politik (Xanana) dengan seorang yang telah membebaskannya (Habibie).

Namun, Habibie pada waktu itu menyampaikan permohonan maaf karena tidak dapat hadir akibat kondisi kesehatannya.

Menurut Carlos, Habibie terlihat terharu mendapat undangan dari Xanana sehingga dia berkata, “Mungkin saya susah datang ke Timor Leste karena kondisi kesehatan saya.”

Video pertemuan tersebut kemudian menjadi viral karena dinilai sangat menyentuh akibat hubungan dua orang yang berseberangan.

Akhirnya, Xanana Gusmao kembali ke Dili, dan pemerintah Timor Leste memutuskan untuk mempercepat penyelesaian jembatan tersebut agar bisa diresmikan pada 29 Agustus 2019, sehari sebelum peringatan Referendum Timor Leste.

Sampai akhir hayatnya, BJ Habibie belum sempat melihat jembatan di Dili yang dinamai sesuai dengan nama presiden ketiga Indonesia itu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini