Terpilih Jadi Presiden Amerika Serikat, Ini Rincian Kekayaan Joe Biden

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Joe Biden akhirnya memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) Amerika Serikat 2020. Biden menjadi Presiden Amerika Serikat ke-46.

Joe Biden memang tidak sekaya Donald Trump. Namun, ternyata bukan orang miskin juga. Berdasarkan perhitungan Forbes, Joe Biden dan istrinya Jill Biden mempunyai kekayaan 9 juta US dolar atau kurang lebih Rp 127 miliar (estimasi kurs 14.214 per dolar AS).

Menurut catatan pajak dan laporan finansial dalam laman kampanye Biden, kebanyakan penghasilan Joe Biden dan istrinya Jill Biden didapatkan dari menjadi seorang pembicara publik serta bayaran royalti dari buku karyanya.

Mengutip dari Business Insider, Minggu 8 November 2020, berikut rincian kekayaan pemenang pilpes AS Joe Biden:

Penghasilan dari karir politik

Semenjak 1998, saat pertama kalinya Joe Biden merilis laporan pajak, mayoritas pendapatan “Middle Class Joe” sendiri datang dari gajinya selama menjadi Senat serta saat mengajar sebagai proffesor di salah satu Community College di AS.

Gaji Biden saat terakhir kali menjadi Senat di 2009, adalah sebesar 169.000 US dolar atau Rp 2,4 miliar. Lalu gaji dirinya sebagai Wakil Presiden naik 30 persen dari sebelumnya, dan dalam setahun Joe Biden bisa mendapatkan 225.000 US dolar atau RP 3,19 miliar.

Forbes juga melaporkan bahwa Joe Biden dan Jill Biden mendapatkan setidaknya setengah juta dolar AS dari tunjangan pensiunan dan biaya keamanan sosial selama 8 tahun.

Penghasilan dari buku

Joe Biden telah menulis 2 buku dalam 11 tahun. Buku pertamanya berjudul “Promises to Keep”, yang dirilis pada tahun 2008 setelah dirinya mengumumkan sebagai kandidat Capres untuk pertama kalinya. Buku tersebut pun merupakan memoar pertama kali yang dibuat oleh Biden sendiri.

Walaupun bukunya tersebut sempat tidak laku, tapi menurut laporan dari New York Times, penjualan dari memoar Biden sendiri meningkat saat dirinya menjadi pasangan politik dari Barrack Obama.  Tapi sayangnya di tahun 2013, the United Press International melaporkan bahwa ternyata buku memoar tersebut memang tidak terlalu menguntungkan.

“Promise me, Dad” merupakan buku kedua Joe Biden yang dirilis pada tahun 2017, yang menceritakan kematian Beau Biden dari penyakit kanker. Kali ini, buku tersebut sempat menjadi bestseller di AS, dan telah terjual sebanyak 300.000 salinan.

Berdasarkan laporan finansial terbaru dari Biden, dirinya dibayar 8.000-90.000 US dolar untuk satu persinggahan tur buku tersebut. Total penghasilan dari tur buku tersebut berhasil mengumpulkan sekitar 1,8 juta US dolar, berdasarkan data dari Forbes.

Pendapatannya sebagai pembicara publik juga menyumbangkan setidaknya 2,4 juta US dolar untuk total kekayaan Joe dan Jill Biden. CNBC melaporkan, Biden mendapatkan sebanyak 190.000 US dolar pada Maret 2018, sebagai pembicara kuliah tamu di Drew University, New Jersey.

Secara total, pasangan tersebut berhasil mengumpulkan lebih dari 15 juta US dolar, berdasarkan laporan pengisian pajak. Dimana pendapatannya tersebut berhasil dikumpulkan dari penghasilan royalti buku, sebagai pembicara dan sebagai professor yang disediakan oleh University of Pennsylvania di tahun 2017.

Rumah di Delaware

Washington Post melaporkan bahwa kediaman utama Joe Biden sendiri berada di Wilmington, Delaware. Huniannya yang berada di tepi danau tersebut dilaporkan hampir seluas 650.000 meter persegi.

Joe dan Jill Biden sendiri membeli rumah tersebut dengan harga 350.000 Us dolar di 1997. Tapi berdasarkan data dari Stephen Mottola of Long & Foster Real Estate sendiri, sekarang nilai harga properti tersebut bisa lebih dari 2 juta US dolar.

Selain itu pasangan ini juga membeli rumah pantai pada tahun 2017, di daerah Delaware dengan harga 2,7 juta US dolar.

Biden juga dikabarkan pernah menyewa sebuah mansion untuk liburannya setelah menyelesaikan tugasnya sebagai Wakil Presiden di tahun 2017. Dengan lebar lebih dari 1000 meter persegi, properti tersebut menawarkan fasilitas seperti Gym, Sauna, dan lahan parkir yang cukup untuk setidaknya 20 mobil.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini