Ternyata Medusa Makhluk yang Nyata, Ditemukan di Jepang

Baca Juga

MINEWS, INTERNASIONAL – Kamu tahu Medusa kan? Ya, kalau kamu suka dengan tema-tema mitologi Yunani, makhluk yang satu ini ‘haram’ hukumnya jika tak disebutkan.

Nah, ternyata Medusa adalah makhluk yang nyata, benar-benar hidup sampai saat ini, namun dalam bentuk virus. Terbukti, para peneliti menemukan virus raksasa terbaru yang diberi nama medusavirus.

Nama itu terinspirasi dari Meduda karena kemampuannya yang dapat mengubah siapapun korbannya menjadi batu. Ngeri!

Dipublikasikan dalam jurnal Virology, virus ini ditemukan dan diisolasi dari sebuah mata air panas di Jepang.

Namun, virus ini sementara hanya bisa menginfeksi amoeba jenis ‘Acanthamoeba Castellanii’ saja, belum sampai menjangkit manusia. Kekuatan virus ini diketahui ketika peneliti melakukan uji laboratorium pada amoeba yang terinfeksi.

Saat menjangkit korbannya, virus ini akan membuat kulit mengeras dan kokoh, lalu memasuki fase non-aktif dan menjadi semacam kista.

Medusavirus dikatakan peneliti masuk dalam jenis virus raksasa karena memiliki genom besar dibandingkan virus pada umumnya.

Meski demikian medusavirus memiliki ciri khas unik tidak ditemukan pada virus raksasa lain seperti memiliki 2.600 duri.

“Medusavirus adalah virus raksasa yang unik karena menyimpan jejak-jejak interaksi purbakala antara virus dan inangnya,” kata peneliti dari Jepang.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini