Terminal Bus Tirtonadi Solo Jadi Tempat Baru Pertunjukkan Seni dan Musik

Baca Juga

MATA INDONESIA, SOLO – Terminal bus tidak lagi menjadi tempat berlalu-lalangnya bus malam dan manusia.

Setidaknya di Solo, Terminal Tipe A Tirtonadi juga menjadi tempat pertunjukan seni dan budaya mulai Sabtu 8 Januari 2022 malam dengan menampilkan penyanyi “Tulus” dan seniman tari “Sardono W. Kusumo.”

Konser musik dan pertunjukkan seni secara live streaming bertajuk “Di Tirtonadi, Berbuat untuk Seni Budaya Solo” itu akan dijadikan tonggak awal acara di masa datang.

“Melalui acara ini, kami ingin memperkenalkan sebuah konsep yang tidak biasa kepada masyarakat, bahwa Terminal Tirtonadi tidak hanya sekedar terminal biasa,” ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, Sabtu 8 Januari 2022.

Terminal itu juga memperkenalkan fungsinya sebagai pusat kreasi dan pusat kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat di Solo serta sekitarnya.

Tempat pertunjukkan seni dan budaya yang diberinama “Tirtonadi Hall” itu berada di lantai 2 (dua) Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) tersebut.

Terminal Tipe A ini dikelola oleh Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub dan telah dilakukan revitalisasi.

Kini terminal bus kebanggaan warga Solo tersebut memiliki berbagai fungsi selain simpul transportasi tetapi juga memiliki function hall (untuk pameran, resepsi pernikahan, dsb), sport center, food court, dan pusat kesenian.

Dalam pengembangannya, Kemenhub melibatkan Pemerintah Daerah dan pihak swasta untuk berpartisipasi mengembangkan fasilitas komersial tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini