Terjadi Ledakan di Pusat Penelitian IRGC, Iran: Ini Sabotase!

Baca Juga

MATA INDONESIA, TEHERAN – Tiga orang dilaporkan mengalami luka dalam kebakaran di sebuah pusat penelitian milik Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC), demikian dilaporkan TV Pemerintah Iran.

Mengutip pernyataan dari IRGC, laporan itu mengatakan kobaran api, di sebuah situs di sebelah barat Teheran, telah dikendalikan.

“Dengan upaya petugas pemadam kebakaran dari pusat ini, api dapat dipadamkan dan yang terluka dibawa ke rumah sakit,” kata pernyataan itu, melansir Times of Israel, Senin, 27 September 2021.

Laporan itu tidak menunjukkan tingkat kerusakan akibat kobaran api atau kemungkinan penyebabnya. Beberapa insiden misterius dalam beberapa tahun terakhir merusak fasilitas Iran, termasuk yang terkait dengan pendirian pertahanan atau program nuklirnya.

Iran telah menyalahkan beberapa insiden pada sabotase oleh Israel. Namun, Israel tidak mengkonfirmasi atau menyangkal keterlibatannya.

Sebelumnya, sebuah masalah kelistrikan dilaporkan terjadi di situs nuklir Natanz milik Teheran pada Sabtu (10/4). Insiden terjadi satu hari usai Iran meluncurkan alat sentrifugal terbaru untuk meningkatkan pengayaan uranium.

Ini merupakan insiden terbaru yang melanda salah satu situs nuklir Iran di tengah negosiasi perjanjian nuklir 2015 dengan sejumlah negara-negara besar. Tahun lalu, kebakaran melanda fasilitas nuklir Natanz. Pemerintah Iran menyebut kebakaran tersebut merupakan bagian dari sabotase pihak tertentu.

Negara yang dipimpin oleh Presiden Ebrahim Raisi itu berulang kali menegaskan bahwa program nuklirnya tidak ditujukan untuk membuat senjata, melainkan hanya demi kepentingan energi nasional.

Teheran menuduh musuh bebuyutan Israel menyabotase situs nuklir utamanya, Natanz, dan berjanji akan membalas dendam atas serangan itu. Otoritas Iran menggambarkan insiden tersebut sebagai tindakan terorisme nuklir dan berhak untuk mengambil tindakan terhadap para pelakunya.

Beberapa outlet media Israel mengutip berbagai sumber intelijen dan mengatakan bahwa layanan spionase Mossad berhasil melakukan operasi sabotase di situs Natanz yang berpotensi menghentikan pekerjaan pengayaan di sana selama berbulan-bulan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini