Terinfeksi Covid-19, Tiga Macan Tutul Salju di Kebun Binatang Mati!

Baca Juga

MATA INDONESIA, NEBRASKA – Virus mematikan Covid-19, ternyata tidak hanya menyerang umat manusia, tetapi juga menyerang hewan. Kebun Binatang di Lincoln, Nebraska, Amerika Serikat (AS) melaporkan sebanyak tiga macan tutul salju mati akibat komplikasi Covid-19.

Pihak kebun binatang juga mengatakan bahwa banyak hewan lain yang terinfeksi virus yang telah menewaskan jutaan jiwa manusia di dunia.

“Kehilangan ini benar-benar memilukan, dan kami semua berduka bersama,” kata pihak kebun binatang Lincoln dalam sebuah pernyataan di Facebook, melansir USA Today, Minggu, 14 November 2021.

Macan tutul salju yang diberi nama Ranney, Everest, dan Makalu dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 setelah menunjukkan sejumlah gejala. Sementara harimau Sumatera di kebun binatang itu juga menunjukkan gejala serupa dan dinyatakan positif.

Namun, harimau Sumatera berhasil pulih sepenuhnya, kata pihak kebun binatang. Hewan-hewan yang dinyatakan terinfeksi Covid-19 itu juga sempat dirawat dengan steroid dan antibiotik.

“Kebun Binatang telah melakukan penyelidikan menyeluruh terhadap semua staf yang berada di dekat kucing. Tidak ada bukti untuk menunjukkan dengan tepat sumber infeksi,” kata pihak kebun binatang pada bulan lalu setelah infeksi terdeteksi.

Macan tutul salju termasuk di antara beberapa yang tertular virus corona di kebun binatang di seluruh negeri. Macan tutul salju NeeCee, Kimti, dan Meru semuanya dinyatakan positif di Kebun Binatang Louisville dan pulih dari penyakit pada akhir tahun lalu.

Sedangkan Ramil dan Naphisa, dua macan tutul salju yang berada di Kebun Binatang San Diego, dinyatakan positif pada musim panas ini setelah penjaga kebun binatang melihat keduanya batuk.

Hewan lainnya yang juga tertular Covid-19, termasuk singa, harimau, dan gorila. Beberapa kasus dikaitkan dengan penularan dari pawang dan untuk menekan penyebaran Covid-19 terhadap hewan, beberapa kebun binatang memberikan vaksin.

Sebanyak 80 hewan di Cincinnati Zoo & Botanical Garden menerima dua dosis vaksin Covid-19 yang dibuat untuk penggunaan hewan pada Oktober. Sementara Kebun Binatang Anak-Anak Lincoln tidak mengatakan apakah hewan-hewannya telah divaksinasi.

“Kebun Binatang Lincoln Children tetap terbuka untuk umum dan terus melakukan segala tindakan pencegahan untuk mencegah penyebaran Covid-19 ke manusia dan hewan,” kata pihak kebun binatang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini