Terapkan Hal Sama, Vietnam Sukses Perangi Covid19 Dibanding Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Banyak orang memuji Vietnam, termasuk juru bicara Pemerintah Indonesia untuk Covid19, Achmad Yurianto karena berhasil mengatasi wabah tersebut, padahal dengan cara amat sederhana tetapi disiplin yaitu menjaga jarak dan tinggal di rumah.

Vietnam yang anggarannya terbatas dibandingkan Indonesia juga tidak melakukan rapid test atau pengujian massal.

Seorang pejabat kesehatan Vietnam Tran Dac Phu, seperti dilansir Financial Times menyatakan untuk menghabisi Covid19 yang penting adalah kita mengetahui jumlah orang yang kontak dengan virus tersebut atau mereka yang baru kembali dari wilayah pandemi.

Setelah itu melakukan tes kepada mereka lalu dikarantina. Hal itu juga yang diterapkan Indonesia dalam memerangi Covid19.

Tetapi kelebihan Vietnam dari Indonesia adalah warganya sudah terbiasa melakukan mobilisasi ala militer sehingga tentara di sana dengan mudah memaksa orang terinfeksi masuk karantina begitu juga dengan mahasiswa kedokteran, pensiunan dokter dan perawat wajib terjun menghadapi musuh tidak kelihatan itu.

Selain itu media yang dikendalikan pemerintah juga tidak henti-hentinya menyampaikan pesan untuk menjaga jarak dan tinggal di rumah. Kementerian kesehatan Vietnam juga rajin mengirimkan pesan teks soal virus tersebut ke ponsel-ponsel rakyatnya.

Propaganda besar yang digaungkan Pemerintah Vietnam dalam memerangi virus tersebut adalah; “Tinggal di rumah berarti mencintai negara Anda.”

Hal lainnya adalah penduduk Vietnam juga saling mengawasi orang yang terinfeksi. Misalnya jika seseorang mengetahui tetangganya pulang dari negara lain akan langsung dilaporkan ke pejabat berwenang.

Pemerintah Indonesia juga sudah menerapkan hal yang sama, tetapi semangat gotong royong dan pemahaman mereka akan virus itu tampaknya masih sangat rendah. Sementara pemerintah tidak bisa langsung memaksa warganya.

Sebaliknya sebagian orang Indonesia lebih senang menyalahkan pemerintah daripada mematuhi aturan jaga jarak dan diam di rumah. Bahkan ketika tetangga mereka mudik pun tidak diingatkan bahayanya, bisa menyebarkan virus itu di kampung halaman.

Vietnam kini memiliki 153 kasus positif corona tanpa ada angka kematian sama sekali seperti data worldometer.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Upaya BIN Tanamkan Nasionalisme Generasi Muda

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) terus berupaya untuk menanamkan semangat dan rasa nasionalisme kepada para generasi muda...
- Advertisement -

Baca berita yang ini