Tepis Gagasan Macron, Menhan Jerman: Eropa Butuh AS dan NATO

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Eropa takkan mampu menyediakan keamanan sendiri, tanpa bantuan Amerika Serikat dan NATO (The North Atlantic Treaty Organization) selama beberapa dekade mendatang. Hal ini ditegaskan Menteri Pertahanan Jerman, Annegret Kramp-Karrenbauer.

“Gagasan tentang otonomi strategis Eropa berjalan terlalu jauh jika itu memupuk ilusi bahwa kita dapat memastikan keamanan, stabilitas, dan kemakmuran Eropa tanpa NATO dan AS,” tegas Kramp-Karrenbauer, melansir Reuters, Selasa, 17 November 2020.

Ia menambahkan, diperlukan beberapa dekade bagi Eropa untuk membangun kekuatan militer konvensional dan nuklir untuk mengompensasi apa yang AS dan NATO sumbangkan pada keamanan saat ini.

Pernyataan ini sekaligus menepis gagasan Presiden Emmanuel Macron tentang otonomi strategis Eropa. Di mana Macron mengatakan Eropa membutuhkan strategi pertahanan yang independen dan berdaulat.

“Amerika Serikat hanya akan menghormati kami sebagai sekutu apabila kami serius mengenai posisi kami sendiri, dan bila kami memiliki kedaulatan sendiri, terkait pertahanan kami,” kata Macron, Senin (16/11).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini