Tentukan Awal Puasa, Kemenag Gelar Sidang Isbat 5 Mei

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Bulan depan sudah memasuki bulan Ramadan 1440 hijriah. Kementerian Agama (Kemenag) berencana menggelar sidang isbat pada 5 Mei 2019 untuk menetapkan hari pertama puasa.

“Isbat awal Ramadan bertepatan 29 Sya’ban 1440 H,” kata Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin dalam keterangan resmi, Jumat 26 April 2019.

Amin mengatakan seperti yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, sidang isbat itu digelar berdasarkan pantauan hilal atau bulan sabit pertama di 34 provinsi Indonesia.

Proses sidang isbat, kata Amin, bakal dimulai pukul 16.00 WIB yang diawali dengan pemaparan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1440H. Puncak sidang isbat yakni penetapan awal Ramadan bakal digelar selepas salat magrib setelah tiba laporan hasil rukyatul hilal dari masing-masing lokasi pemantauan.

Amin mengatakan sidang isbat yang digelar di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat itu akan mengundang duta besar negara-negara sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Lalu Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, serta pakar falak dari ormas-ormas Islam.

“Sidang isbat merupakan wujud kebersamaan Kementerian Agama selaku pemerintah dengan ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan, yang hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama,” ujar Amin.

Di satu sisi, PP Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadan 1440 hijriah jatuh pada 6 Mei 2019. Itu ditetapkan berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid, PP Muhammadiyah.

Hal tersebut diumumkan PP Muhammadiyah lewat maklumat bernomor 01/MLM/I.0/E/2019 yang dikutip dari situs resmi organisasi kemasyarakatan Islam tersebut. “Ijtimak jelang Ramadan 1440 H terjadi pada hari Ahad Kliwon, 5 Mei 2019 pukul 05:48:25 WIB,” demikian nukilan maklumat PP Muhammadiyah.

Karena hilal telah terlihat, maka 1 Ramadan 1440 H dinyatakan jatuh pada Senin legi, 6 Mei 2019. Sementara itu, untuk 1 Syawal 1440 hijriah alias hari raya Idul Fitri dinyatakan jatuh pada Rabu legi, 5 Juni 2019. Hal itu diketahui karena pada pengamatan untuk Senin wage, 3 Juni 2019, hilal belum tampak.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini