Tentara Israel yang Ditahan Hamas Minta Tolong

Baca Juga

MATA INDONESIA, GAZA – Kantor berita Al Jazeera Arab menayangkan audio dari orang tak dikenal yang mengakui sebagai tentara Israel yang tengah ditawan oleh kelompok sayap militer Hamas, Brigade al-Qassam.

Klip audio yang diputar pada Minggu (6/6) dalam sebuah episode untuk seri investigasi ‘Tip of the Iceberg’, orang tersebut mengatakan dia “bertanya-tanya apakah dan berharap bahwa Israel masih ada. Dan jika demikian, saya bertanya-tanya apakah para pemimpin negara memikirkan tentaranya yang ditangkap dan prihatin dengan pembebasan mereka”.

Sosok yang diyakini sebagai tentara Israel tersebut juga berharap dapat segera kembali dan berkumpul bersama keluarganya.

“Tolong bantu,” katanya.

Ini merupakan pertama kalinya bagi Brigade al-Qassam mengungkapkan dan merilis rekaman semacam ini. Sementara Hamas mengatakan, pihaknya menahan dua tentara Israel, Hadar Goldin dan Oron Shaul selama perang tahun 2014.

Adapun dua mantan tentara lain, yakni Hisham al Sayed dan Avera Mengistu yang juga ditangkap oleh Hamas lantaran memasuki wilayah Gaza. Sejak penangkapan, Hamas belum mengungkapkan bagaimana nasib keempatnya, namun Israel meyakini bahwa dua tentaranya tewas selama peran dan Hamas menyimpan jasad keduanya.

Terkait rekaman yang dirilis Brigade al-Qassam, beberapa komentator Israel mengatakan bahwa pria di balik suara tersebut adalah Mengitsu –seorang tahanan Israel asal Ethiopia.

Pejabat Pertahanan Israel berusaha memastikan apakah itu sebenarnya Mengistu. Media Israel melaporkan bahwa ibu Mengistu percaya, suara yang terdengar dalam rekaman audio itu bukan milik putranya.

“Saya dapat mengatakan dengan tegas bahwa itu bukan anak saya, itu bukan suaranya!  Saya sedang menunggu putra saya dan saya berharap dapat bertemu dengannya segera setelah saya dijanjikan,” kata Agarnesh Mengistu kepada penyiar publik Kan Israel.

Tip of the Iceberg juga turut menayangkan rekaman yang sebelumnya dirahasiakan dari mantan tentara Israel Gilad Shalit dari masa penahanannya. Dia ditahan oleh Hamas antara 2006 dan 2011 setelah diculik dalam operasi perbatasan.

Rekaman video menunjukkan Shalit melakukan aktivitas sehari-hari termasuk berolahraga, bercukur, dan bermain bola. Wakil Komandan Brigade al-Qassam, Marwan Isa mengatakan kepada Al Jazeera, setelah penangkapan Shalit sejumlah mediator dari Otoritas Palestina (PA) dan Mesir menghubungi mereka untuk membebaskan Shalit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini