Tenang, Volume Air di Pintu Manggarai Segera Turun

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA -  – Hampir seluruh wilayah Jakarta tergenang banjir awal tahun 2020. Intensitas hujan yang tinggi menjadi penyebab genangan air dimana-mana.

Pintu Air Manggarai bahkan mencapai ketinggian 930 cm. Kepala Pelaksana Unit Pelaksanaan Kebersihan (UPK) Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Rohman menyebut tinggi air akan menurun sore nanti.

“Tadi pagi lagi tinggi-tingginya. Jadi, nanti siang diperkirakan segera menurun,” kata Rohman saat ditemui di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Rabu 01 Januari 2020.

Menurut Rohman, petugas di Pintu Air Manggarai saat ini fokus membersihkan sampah yang terbawa arus. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyumbatan di berbagai lokasi.

“Bambu, pohon, sampah-sampah alam mendominasi dibawa arus air. Kita antisipasi mengurangi dampak penyumbatan,” ucapnya.

UPK Badan Air setiap harinya menyiapkan tiga unit alat berat sekaligus 10 petugas untuk memantau sampah di Pintu Air Manggarai. Menurutnya, petugas siaga 24 jam untuk langsung melakukan pembersihan.

“Segera melakukan pembersihan agar tidak terjadi penumpukkan,” ujarnya.

Seperti diketahui, Pintu Air Manggarai memiliki aliran ke sejumlah wilayah, mulai dari Pasar Rumput, Dukuh Atas, Karet Kubur, Tanah Abang, Tomang, Grogol, Pademangan, hingga berakhir di sebuah reservoar di muara, di daerah Pluit. (Maropindra Bagas/RyV)

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini