Tempat Tinggal Spongebob Adalah Lokasi Uji Coba Nuklir, Ini Ceritanya Dinamai Bikini Bottom

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Serial kartun Spongebob sangat mendunia, tak hanya ditonton oleh anak-anak, namun banyak orang dewasa tertarik dan menontonnya.

Bahkan, tak banyak orang tahu mengenai latar tempat yang digunakan oleh kartun Spongebob. mungkin dari kalian bertanya-tanya nama tempat Spongebob dan kawanannya di dalam air benama Bikini Bottom. Apakah lokasi itu nyata dan berada di Samudra Pasifik?

Namun, setelah ditelisik jika Anda adalah penggemar berat sejarah, Anda pasti tahu ada tempat yang namanya mirip. Bikini Bottom terinspirasi dari sebuah situs percobaan nuklir milik Amerika Serikat: Bikini Atoll.

Dahulu kala, Bikini Atoll dikenal sebagai pulau surga di Samudra Pasifik. Hingga pada 1946, penduduknya diusir, tanah yang indah lagi subur itu diubah jadi tempat pengujian bom atom milik Amerika Serikat.

Total ada 23 senjata nuklir yang dijatuhkan di sana, termasuk pada 1954, yang kekuatannya 1.100 kali lebih besar dari bom atom ‘Little Boy’ yang diledakkan di Hiroshima — yang efeknya membuat Jepang bertekuk lutut di penghujung Perang Dunia II.

Tak hanya kehancuran yang diakibatkan uji coba nuklir beruntun itu. Pada 1978 para ilmuwan memutuskan Bikini Atoll tak aman dihuni karena efek radiasi, di mana kandungan caesium-137 dalam tubuh manusia 11 kali lipat dari level aman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Geliat Pilkada Sleman pasca Lebaran, PDIP Pikir-pikir Dua Nama Ini untuk Diusung

Mata indonesia, Sleman - DPC PDI Perjuangan Sleman akan membuka pendaftaran penjaringan untuk calon bupati Sleman dalam Pilkada 2024 pada pekan depan. Dari internal PDIP, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, telah dipanggil untuk diskusi oleh partai.
- Advertisement -

Baca berita yang ini