Tekan Polusi di Jakarta, 41.000 Unit Bus Listrik Bakal Mengaspal Hingga 2024

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-41.000 unit bus listrik bakal mengaspal di ibu kota hingga 2024. Hal itu dilakukan sebagai strategi Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di DKI Jakarta.

Kepala BPTJ, Bambang Prihartono mengatakan untuk tahun depan akan segera diproduksi kira-kira 2.000 unit. Sampai tahun 2024 targetnya adalah 41.000 unit.

Menurut Bambang, target tersebut terbilang kecil jika dibandingkan dengan jumlah kendaraan pribadi yang beroperasi di Jakarta. Bambang mengatakan saat ini penggunaan kendaraan pribadi di Jakarta didominasi kendaraan roda dua.

“Sekarang saja roda empat bisa sampai 3-4 juta, kemudian roda dua lebih banyak lagi, sampai 13-15 juta. Oleh karena itu, target pemerintah angkutan umum dulu bisa semua digantikan,” katanya.

Terkait pengembangan dan penggunaan transportasi umum berbasis listrik di Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya telah membahasnya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Transportasi ini dimaksudkan untuk menekan angka polusi di Jakarta.

Kedepan kata dia, semua kendaraan angkutan umum baru di Jakarta, bus-bus itu, akan berbentuk bertenaga listrik.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini