Tanpa Messi, Guardiola Tak Bisa Apa-apa

Baca Juga

MATA INDONESIA, BARCELONA – Mantan pelatih Bayern Muenchen, Felix Magath menilai, kesuksesan Barcelona di bawah asuhan Pep Guardiola karena sosok Lionel Messi.

Guardiola melatih Barcelona periode 2008-2012. Selama itu, Blaugrana memenangkan banyak gelar, termasuk tiga titel LaLiga, dua titel Piala Raja, tiga Piala Super Spanyol, dua titel Liga Champions, dua Piala Super Eropa, dan dua Piala Dunia Antarklub.

Bahkan, di era Guardiola, Barcelona dikenal sebagai tim yang memainkan sepak bola indah yang dikenal dengan sebutan tiki-taka.

Menurut Magath, kesuksesan Barcelona saat itu karena kehebatan Messi yang mampu memenangkan sebuah pertandingan sendirian.

“Yang memenangkan titel di Barcelona adalah Messi, bukan Guardiola. Tanpa Messi, formasi Barcelona di bawah asuhan Pep Guardiola takkan sesukses saat itu,” ujar Magath, dikutip dari Marca, Selasa 13 Oktober 2020.

“Jika formasi Guardiola memang ampuh, pasti dia bisa menjuarai Liga Champions bersama Bayern Muenchen dan Manchester City. Dia menjuarai Liga Champions karena Messi bisa mengubah jalan pertandingan,” katanya.

“Bagi penonton, gaya permainan Guardiola membosankan hanya dengan mengoper bola ke sana dan ke sini. Formasi ini bisa berjalan ketika Anda memiliki pemain dengan teknik superior,” ungkapnya.

Guardiola meraih kesuksesan dengan menjuarai gelar Bundesliga bersama Bayern dan hal yang sama diraihnya saat menukangi Manchester City. Tapi, pelatih asal Spanyol tak mampu menjuarai Liga Champions.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini