Taman Nasional Rangkul Perusahaan, Jaga Kelestarian Hutan Bukit Tigapuluh

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Perambahan dan pembalakan liar merupakan ancaman serius sehingga diperlukan upaya serius dari pemerintah dalam menjaga kelestariannya. Salah satunya Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) yang berada di dua Provinsi Jambi dan Riau.

Kawasan seluas 144.223 hektare ini merupakan lanskap penting di Indonesia saat ini. Di Provinsi Jambi, tepatnya di Kabupaten Tebo, TNBT menggandeng perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Lestari Asri Jaya (LAJ) dalam upaya membangun kawasan penyangga ini.

LAJ memang sejak awal sudah berkomitmen dalam hal pelestarian lingkungan, masyarakat setempat yang berbatasan langsung dengan kawasan TNBT turut dilibatkan dalam memperkuat upaya perlindungan kawasan penyangga TNBT.

Komitmen antara TNBT dan PT LAJ pun diikuti dengan penandatanganan rencana kerja tahunan (RKT) 2019-2020 yang dilakukan oleh Direktur LAJ Meizani Irmadhiany dan Kepala Balai TNBT, Darmanto di Kabupaten Tebo.

Penandatangan RKT ini terkait dengan kerja sama antara Balai TNBT dan PT LAJ tentang Penguatan Fungsi dalam rangka mendukung pengelolaan TNBT yang sudah terlebih dahulu disepakati dan ditandatangani pada Mei 2018 lalu.

Kepala Balai TNBT Darmanto mengatakan pemerintah sangat menyadari pentingnya kawasan penyangga taman nasional dalam upaya perlindungan kawasan, ekosistem serta flora dan fauna. Kerjasama dengan para pihak pun harus dibangun untuk mendukung perlindungan itu.

Kerja sama TNBT dengan LAJ ini meliputi perlindungan kawasan penyangga. Kemudian pengawetan flora dan fauna, restorasi ekosistem serta pemberdayaan masyarakat. Berkat adanya kerja sama ini, dalam kurun waktu satu tahun, sekitar 530 mandays patroli bersama dilakukan Rangers LAJ dan TNBT.

Patroli dilakukan secara rutin dalam rangka perlindungan kawasan dan pemantauan satwa dan fauna dalam kawasan TNBT dan TNBT juga menutup akses ke titik-titik pembalakan liar.

Bersama PT LAJ, penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat perambah terkait status dan fungsi lahan yang mereka rambah dan tanda-tanda batas kawasan pun terus dilakukan, selain juga memasang papan tanda kawasan konservasi.

Menurut Direktur PT Lestari Asri Jaya (LAJ), Meizani Irmadhiany, kawasan penyangga seperti LAJ berperan penting dalam membangun kawasan produksi yang berkelanjutan sebagai area penyangga Taman Nasional Bukit Tigapuluh.

“Melalui penanaman karet yang berkelanjutan, dapat menciptakan lapangan pekerjaan, sekaligus menjaga kawasan konservasi. Ke depannya kami berharap kerja sama yang sudah terjalin dapat terus memberikan dampak positif dan jangka panjang bagi PT LAJ dan TNBT,” katanya.

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini