Kim Jong-Un
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kim Jong Un, pemimpin tertinggi Korea Utara dikabarkan diam-diam menyuntikan vaksin eksperimen dari Cina karena takut terinfeksi virus covid-19.

Kabar tersebut diungkap oleh Harry Kazianis, analis Lembaga pemikir Washington yang mengklaim mengenai keluarga Kim dan sejumlah pejabat tinggi Korea Utara yang ternyata telah divaksinasi.

Cina disebut memasok pemimpin Korea Utara tersebut dan keluarganya vaksin virus Corona eksperimental.

Mengutip dua sumber intelijen Jepang yang tidak disebutkan namanya, Harry Kazianis, pakar Korea Utara dari Center for the National Interest mengatakan, Kim serta pejabat senior Korea Utara telah divaksinasi.

Cina sebelumnya telah memvaksinasi para pekerja di bidang esensial dengan kandidat vaksin Covid-19 terkuat di bawah skema darurat yang diluncurkan pada Juli lalu.

Oktober lalu, sebuah kota di Cina mulai menawarkan pada warga vaksin virus corona eksperimental seharga Rp 873 ribu per orang

Sinopharm, perusahaan obat milik negara bulan lalu mengatakan hampir satu juta orang telah menggunakan kandidat vaksinnya, meskipun suntikan tersebut belum memberikan bukti klinis yang jelas terkait manjur atau tidaknya.

“Kim Jong Un dan beberapa pejabat tinggi lainnya juga keluarga Kim dan jaringan pemimpin di sana telah divaksinasi dalam dua hingga tiga minggu terakhir berkat kandidat vaksin dari pemerintah Cina,” tulis Kazianis dalam artikel outlet online, 19FortyFive.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here