Tak Masuk Kabinet Indonesia Maju, Ini Jatah PBB untuk Yusril dari Jokowi

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Sampai sejauh ini tidak ada satupun nama kader PBB muncul dan dipanggil oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjabat sebagai menteri dan wakil menteri kabinet Indonesia Maju. Namun, jatah kursi lain untuk PBB masih terbuka lebar.

“Prinsipnya ada tempat-tempat tertentu yang menempatkan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra di pos lain. Mungkin. Itu yang saya dengar,” kata Sekjen PBB Afriansyah Ferry Noor, Jumat 25 Oktober 2019.

Sepanjang yang dia ketahui, Yusril bakal ditempatkan sebagai Kepala Pusat Legislasi Nasional. Soal pembentukan Pusat Legislasi Nasional itu sempat disinggung Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat debat Pilpres 2019.

Selanjutnya, rencana pembentukan badan tersebut dikonkretkan lewat revisi UU No 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan (PPP). RUU PPP itu telah disahkan DPR. Namun, hingga kini memang belum ada pengumuman Jokowi soal pembentukan badan tersebut.

“Yang pantas di situ menurut saya Badan Regulasi Nasional, yang baru dibuat Pak Jokowi. Di badan itu Pak Yusril bisa berkiprah sesuai bidang ilmunya,” kata dia.

Menurutnya, Jokowi tahu persis perjuangan PBB dalam pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019. Ferry yakin Jokowi bakal melibatkan seluruh partai koalisi di pemerintahan periode kedua.

“Pak Jokowi juga tahu PBB masuk ke dalam lingkaran itu bukan sekadar masuk, tapi bekerja dan memenangkan Pak Jokowi. Beliau tahu betul bagaimana kerja kami,” ujarnya.

Namun, Ferry mengatakan PBB tidak memaksakan diri. Ia mengatakan Yusril pun bersikap santai. “Kami ini ya PBB santai-santai saja. Pak Yusril orangnya legawa sekali dan orangnya tidak ngoyo. Biasa saja. Tapi akan siap jika diminta,” katanya.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini