Tak Ingin Terlarut, Ratu Elizabeth Kembali ke Tugas Kerajaan

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON – Ratu Elizabeth II sepertinya enggan terlarut dalam duka karena kepergian sang suami, Pangeran Philip yang telah menemaninya selama hampir tujuh dekade tersebut.

Sang Ratu dikabarkan kembali ke tugas Kerajaan Inggris pada Selasa (13/4) atau empat hari pasca-meninggalnya Duke of Edinburgh –gelar bangsawan Pangeran Philip. Melansir Reuters, Rabu, 14 April 2021, Ratu Elizabeth II terlihat menghadiri sebuah acara pensiun pejabat senior di rumah tangganya.

Ratu Elizabeth II yang naik takhta tahun 1952 setelah kepergian ayahnya, George VI, mengadakan upacara ketika Earl Peel mengundurkan diri sebagai Lor Chamberlain, tambah laporan tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, Ratu Elizabeth II sejatinya telah mengurangi tugas resminya dan memberikan tugas kerajaan dan perlindungan kepada putra pertamanya, Pangeran Charles, sang cucu, Pangeran Wiliam, dan para bangsawan senior lainnya.

Akan tetapi, Ratu Elizabeth II yang kini berusia 94 tahun tersebut tetap menjalankan tugas kerajaan yang paling simbolis, seperti pembukaan parlemen. Dalam dekade terakhir, Ratu hampir mengakhiri tur internasional, dan mengurangi aktivitasnya.

Putra kedua, Pangeran Andrew mengatakan bahwa sang ibu tabah dalam menghadapi kehilangan sosok Pangeran Philip. Meski demikian, Duke of York tak memungkiri bahwa kepergian sang ayah meninggalkan kekosongan yang sangat besar dalam hidup Ratu Elizabeth II.

Pangeran Philip menghembuskan nafas terakhir pada Jumat (9/4) pagi waktu setempat di usia 99 tahun. Pangeran Philip sempat dirawat di Rumah Sakit King Edward VII selama empat pekan akibat infeksi dan harus menjalani bedah jantung.

Sebagai bagian dari delapan hari berkabung nasional, warga Inggris berkumpul di luar Kastil Windsor dan istana kerajaan lainnya untuk meninggalkan bunga dan kartu ucapan. Sementara para pemimpin agama dan politik menyatakan dukungan untuk Ratu Elizabeth II – ratu terlama yang memerintah di dunia.

Sebuah catatan yang dilampirkan pada topi puncak Angkatan Laut Kerajaan yang ditinggalkan di antara bunga-bunga di Windsor, sebuah penghormatan untuk layanan Philip di angkatan laut, berbunyi: “Tuhan memberkati Anda, Anda adalah teladan bagi kami semua.”

Pemakaman Pangerang Philip rencananya akan langsungkan Sabtu (16/4), dengan mematuhi protokol kesehatan. Upacara pemakanan Pangeran Phili akan sesuai dengan tradisi kerajaan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Upaya BIN Tanamkan Nasionalisme Generasi Muda

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) terus berupaya untuk menanamkan semangat dan rasa nasionalisme kepada para generasi muda...
- Advertisement -

Baca berita yang ini