Tak Hanya di Indonesia, Sosok Kuntilanak Juga Ada di Luar Negeri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA–Siapa yang tak kenal dengan Kuntilanak? Hantu perempuan yang meninggal dalam keadaan sedang mengandung atau saat melahirkan memang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Namun ternyata keberadaan sosok kuntilanak tidak hanya ada di Indonesia saja, tetapi juga ada di mancanegara, dimana saja?

  1. Malaysia-Pontianak

Di Malaysia, kuntilanak dikenal dengan sebutan Pontianak. Pontianak merupakan singkatan dari Bahasa melayu, yaitu puan mati anak atau perempuan mati beranak, karena Pontianak diyakini meninggal pada saat sedang hamil.

Jika sedang bulan purnama lalu muncul suara rintihan atau tawa yang keras, tandanya Pontianak sedang berada dikejauhan, namun jika pelan maka dia sedang berada di dekat kita.

Sama seperti kuntilanak, Pontianak juga suka menghuni sebuah bangunan atau pohon besar. Pontianak dipercaya suka menculik bayi-bayi yang baru lahir, sehingga para ibu yang akan segera atau baru saja melahirkan dihimbau untuk waspada dan menyimpan benda tajam agar bayinya tidak diambil oleh Pontianak.

Kuntilanak Malaysia ini juga berhubungan dengan asal mula nama Kota Pontianak. Diketahui Ibu kota Kalimantan ini memiliki nama tersebut karena pada zaman dulu kerajaan Pontianak didirikan diatas sarang Pontianak. Pemerintah daerah bahkan membangun patung Pontianak setinggi 100 meter ditepian sungai Kapuas.

  1. Korea-Cheonyo Gwishin

Dalam Bahasa Indonesia, Cheonyo Gwishin artinya hantu. Biasanya kuntilanak korea ini muncul tanpa kaki, melayang dan menggunakan pakaian tradisional korea (Hanbok) yang biasa dipakai untuk acara pemakaman.

Rambutnya sama seperti kuntilanak, terurai panjang, namun yang membedakan adalah wajahnya bisa ada bisa juga tidak atau bisa dibilang berwajah rata. Cheonyo gwishin diketahui merupakan jelmaan arwah perempuan yang meninggal dalam keadaan perawan.

Ia diketahui bergentayangan karena arwahnya masih penasaran dengan dunia dan belum siap pergi ke alam baka. Beberapa orang juga percaya, ia bergentayangan karena masih memiliki dendam yang belum terbalaskan. Tanda-tanda keberadaanya yaitu hawa akan terasa dingin dan seperti ada sentuhan dibadan, karena ia memiliki kemampuan untuk menyentuh dan menggerakan barang.

  1. Jepang-Yurei

Yu artinya pudar sedangkan Rei artinya arwah, karena yurei memiliki wujud yang memudar dan tanpa kaki, berrambut panjang serta memakai kimono putih. Yurei akan muncul jika ada seseorang yang meninggal secara mendadak dan masih memiliki amarah yang besar.

Hal itu akan membuat suatu ikatan bagi yurei untuk muncul kedunia manusia untuk membalas dendamnya. Yurei akan membantu membalaskan dendam tanpa memandang siapapun, ia akan menghabisi nyawa siapa saja yang menghalangi tujuannya.

Diketahui Yurei tidak bisa diusir dengan apapun, baik dengan doa-doa maupun mantra. Ia akan hilang dengan sendirinya setelah urusan dan tujuannya selesai. Anda bisa melihat wujudnya di film Ju On atau The Ring.

  1. India-Churel

Di India kuntilanak dikenal dengan sebutan Churel. Sama seperti kuntilanak dan juga Pontianak, Churel senang tinggal dipohon besar. Sosoknya juga memakai baju putih panjang namun ia bisa berubah wujud menjadi monster yang sangat mengerikan.

Churel muncul sebagai arwah perempuan yang meninggal ketika hamil atau karena disiksa oleh keluarganya. Churel diketahui hanya menyerang laki-laki saja, lalu ia bawa jauh ke suatu tempat yang kemudian ia habisi dengan cara jiwa laki-laki tersebut dihisap.

Konon katanya, kemunculan churel dapat dicegah dengan cara mengubur jenazahnya dan yang hidup seperti keluarga atau sahabatnya harus selalu mengingatnya dengan doa dan juga nyanyian.

  1. Irlandia-Banshee

Penampilannya hampir sama dengan kuntilanak yang menjadi hantu karena meninggal dalam keadaan hamil. Tapi ia bergentayangan bukan karena untuk membalas dendam, melainkan untuk mengingatkan manusia jika ada seseorang yang akan atau telah meninggal. Hal itu diketahui karena di Irlandia, setiap keluarga diyakini memiliki banshee masing-masing yang akan menangis dan berteriak jika ada anggota keluarga yang meninggal atau akan pergi jauh dan tak kembali untuk selama-lamanya. Jika Anda pergi ke Irlandia lalu mendengar suara banshee, maka ada seseorang yang dekat dengan anda telah meninggal atau akan meninggal.

Reporter: Dhelana Unggul Parastri

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini