(Foto: Taiwan Today)

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL  – Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan Taipei memiliki interaksi yang baik dengan tim transisi Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih, Joe Biden. Taiwan juga menikmati dukungan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari pemerintahan Donald Trump.

Hal ini terlihat dari rajinnya kunjungan pejabat AS ke Taiwan dalam sebulan terakhir dan peningkatan penjualan senjata –di mana Taiwan telah membeli sejumlah peralatan militer canggih buatan Paman Sam dengan total 5 miliar USD!

Terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden AS ke-46 sebenarnya cukup membuat Taiwan gelisah. Pasalnya, sosok Presiden Trump telah menjadi tokoh popular di kalangan publik berkat kebijakannya yang pro Taiwan.

“Kementerian Luar Negeri dan perwakilan kami di Amerika Serikat terus menjaga kelancaran komunikasi dan interaksi yang baik dengan tim Biden melalui berbagai cara yang tepat,” kata Menteri Luar Negeri Taiwan, Joanne Ou, melansir Reuters.

“Pada saat yang sama, kami atas nama Taiwan menyampaikan terima kasih yang tulus kepada pemerintahan Trump. Taiwan-AS saat ini, merupakan hubungan terbaik dalam sejarah. Kami dengan tulus berterima kasih,” sambungnya.

Menlu Ou juga memastikan, Taiwan akan terus berperan sebagai mitra dekat dan andal bagi Amerika Serikat, baik dalam masalah regional maupun global.

Seperti banyak negara di dunia, Amerika tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan, tetapi merupakan pendukung setia di panggung internasional dan sumber senjata utama.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here