Tahun Depan, Sandiaga Targetkan 7 Juta Wisman Datang ke Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-7 juta wisatawan mancanegara (Wisman) ditargetkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno bakal mendatangi Indonesia tahun depan. Target ini disesuaikan mengingat dampak besar Covid-19 terhadap sektor pariwisata.

“Pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19. Sehingga proyeksi kunjungan wisman disesuaikan,” ujar Sandiaga, Kamis 31 Desember 2020.

Sandiaga mengatakan bahwa dampak yang besar ini terlihat dari kunjungan wisman selama Januari-September 2020 yang hanya berjumlah 3,56 juta orang atau turun 70,57 persen. Pada periode yang sama tahun lalu, kunjungan wisman mencapai 12,1 juta orang.

Meski target pada 2021 terbilang moderat, Sandiaga optimistis target kunjungan 18 juta wisman yang semula dibidik pada 2020 dapat tewujud pada 2025 seiring dengan pemulihan sektor pariwisata.

Dia mengatakan bahwa Kemenparekraf akan fokus pada penyelesaian pembangunan infrastruktur lima destinasi superprioritas yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Selain itu, investasi sektor pariwisata dan penguatan promosi lewat pemanfaatan teknologi digital akan dioptimalisasikan.

“Kami akan menerapkan tiga strategi dalam mempercepat pemulihan pariwisata yakni dengan inovasi dengan menggunakan teknologi untuk memetakan potensi dan penguatan. Kedua dengan adaptasi dengan penerapan protokol kesehatan, dan ketiga dengan kolaborasi bersama semua pihak,” ujar Sandiaga.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini