Tahun Depan 70 Persen Penduduk Indonesia Sudah Divaksin Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah terus mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi agar pertengahan 2022 bisa mencapai 70 persen dari seluruh penduduk Indonesia.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, Jumat 17 September 2021.

“Pemerintah akan memaksimalkan target vaksinasi 40 persen dari populasi di setiap negara pada akhir 2021 dan kemudian ditingkatkan menjadi 70 persen dari populasi pada pertengahan 2022,” kata Wiku.

Meski begitu, Wiku menegaskan Indonesia mendukung kesetaraan akses dan distribusi vaksin covid-19 bagi seluruh negara negara dunia. Maka, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mendorong percepatan vaksinasi global melalui peningkatan produksi vaksin dengan diversifikasi produksi.

Salah satu bentuknya adalah memperluas jenis vaksin yang didistribusikan oleh Covax serta meningkatkan kapasitas vaksinasi negara-negara AMC (advance market commitment).

Negara AMC ialah mereka dengan hak akses vaksin sebesar 20 persen dari total populasi.

Indonesia berkomitmen hanya memberikan vaksin dosis ketiga atau booster untuk tenaga kesehatan (nakes) hingga akhir 2021. Supaya para nakes dan tenaga pendukung yang bertugas menangani pasien covid-19 terhindar dari virus berbahaya itu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini