Tahun Ajaran Dimulai, Portal “Siap Belajar Jakarta” Jadi Panduan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Untuk mengawali tahun ajaran baru di tengah Pandemi Covid19, Pemerintah DKI Jakarta menyiapkan portal “Siap Belajar Jakarta” untuk menjadi panduan mengoptimalkan pembelajaran jarak jauh (PJJ), terutama untuk siswa baru, Senin 13 Juli 2020.

Portal itu bisa diakses melalui disdik.jakarta.go.id lalu pilih tombol “siap belajar.” Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana, Minggu 12 Juli 2020.

Menu utama “Siap Belajar Jakarta” sebagai sumber utama rujukan informasi bagi masyarakat untuk mengetahui kegiatan belajar dan mengajar di masa transisi sekarang.

Kebijakan itu terpaksa diambil karena pandemi Covid19 belum berakhir akibat vaksin untuk membasminya belum ditemukan.

Konten “Siap Belajar Jakarta” menurut Nahdiana adalah kerja bersama antara Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta yang terdiri dari

1. Prosedur informasi standar pelaksanaan pembelajaran masa transisi
2. Panduan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) bagi peserta didik baru
3. Panduan orientasi peserta didik lama, guru dan orang tua
4. Panduan dan materi blended learning bagi guru, orang tua dan peserta didik
5. Asesmen Kesiapan Satuan Pendidikan. Pada poin Asesmen Kesiapan Satuan Pendidikan, Sekolah/Madrasah baik negeri dan swasta wajib mengisi asesmen yang dimaksud untuk memastikan kesiapan kondisi dan lingkungan, walaupun PJJ tetap berlangsung.

Nahdiana menyampaikan, di tengah kondisi pandemi ini, program MPLS dan MATSAMA bagi peserta didik baru tetap perlu dilakukan untuk memastikan peserta didik menjadi bagian dari satuan pendidikan, mengenal satuan pendidikan, pendidik, tenaga kependidikan, peraturan-peraturan dan program satuan pendidikan.

Kegiatan ini adalah upaya menumbuhkan karakter, semangat belajar, kemampuan literasi, mengembangkan kompetensi sosial peserta didik dan menumbuhkan semangat kolaborasi antara pihak satuan pendidikan dengan orangtua/wali peserta didik serta membangun kebanggaan peserta didik terhadap almamaternya.

Untuk waktu pelaksanaan MPLS dan MATSAMA Tahun Pelajaran Baru 2020/2021 diadakan selama tiga hari, 13-15 Juli 2020. Semuanya bisa diakses melalui portal “Siap Belajar Jakarta.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini