Tahun 2024, Elon Musk ‘Ngebet’ Kirim Manusia ke Mars, Emang Bisa Hidup?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pendiri SpaceX, Elon Musk sepertinya berambisi sekali untuk menjadikan Mars menjadi tempat hunian layaknya bumi saat ini.

Dirinya berencana mengirim manusia ke Mars pada 2024, dikutip Ubergizmo. Dia berbicara hal ini melalui stream Twitch ExploreMars.org pada bulan lalu.

Tidak hanya berencana mengirim manusia ke Mars pada 2024, ia juga berencana membangun kota mandiri pada 2050. Kendati demikian, ia menyadari bahwa hal ini sangat sulit, berbahaya, tetapi ada kemungkinan bahwa manusia bisa bertahan.

Melalui perusahaan SpaceX, Musk membayangkan membangun sebanyak 1.000 Starship yang dia perkirakan akan memakan waktu sekitar sembilan tahun untuk mengangkut satu juta orang ke Mars.

Diberitakan sebelumnya, SpaceX kembali membuat prototipe starship atau pesawat luar angkasa untuk penerbangan jarak jauh di masa depan. Ini merupakan prototipe lanjutan dari SN6 setelah SN7 “sengaja” diledakkan saat uji tekanan pada Juni lalu.

Prototipe ini bernama SN8 dan sedang dibangun di fasilitas SpaceX, dekat Desa Boca Chica, Texas Selatan, Amerika Serikat. Prototipe tersebut didesain untuk melakukan lompatan hingga 60.000 kaki (sekira 18.000 meter). Ini menjadi target paling tinggi setelah prototipe SN5 dan SN6 berhasil melompat setinggi 500 kaki (150 meter).

Diketahui, Mars tampaknya menjadi planet yang diperhatikan oleh para ilmuwan sebagai tempat tinggal manusia di masa depan. Penelitian hingga mengirim robot ke planet merah itu telah dilakukan, memeriksa apakah Mars benar-benar layak dihuni manusia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini