Tahun 2020, Kemenhub Bakal Bangun 38 Terminal Bus Tipe A

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Pembangunan terminal yang layak dan nyaman terus digenjot oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk memanjakan masyarakat dalam menggunakan transportasi massal.

Tahun depan Kemenhub bakal membangun 38 Terminal Bus Tipe A di seluruh Indonesia. Terminal ini nantinya akan memiliki fasilitas seperti bandar udara.

“Sudah ada lampu hijau dari pak menteri, dan sekitar 38 terminal bus tipe A akan dibangun,” ujar Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setyadi di Jakarta, Minggu 23 Juni 2019.

Hingga saat ini, Budi mengatakan terdapat 125 terminal bus tipe A di seluruh Indonesia. Baik yang dikelola oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Budi mengaku, untuk pembangunan dan menyulap terminal bus tipe A tentu disusul oleh beberapa faktor lainnya. Seperti pelayanan, prasarana, serta Sumber Daya Manusia (SDM) di terminal tersebut.

“Tapi yang 38 ini menjadi prioritas utama kita di tahun 2020 untuk memperbaiki terminalnya. Pak Menteri minta ada servisnya, ada prasarananya, ada SDM-nya, ada sistemnya dan lain sebagainya,” katanya.

Pada tahap pertama, prioritas pengadaan terminal bus tipe A ada di sepanjang jalur Pantai Utara (Pantura). Terminal itu akan dimulai dari Merak, Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur.

Sementara itu di luar Pulau ada di tiga provinsi. Provinsi tersebut diantaranya Pare-pare, Sulawesi Selatan, Padang Sumatera Barat dan Provinsi Lampung.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini