Menkes RI mengimbau warga agar menjaga kebersihan saat banjir, karena penyakit pes dan leptospirosis menyerang
Menkes RI mengimbau warga agar menjaga kebersihan saat banjir, karena penyakit pes dan leptospirosis menyerang

MATA INDONESIA, JAKARTA-Bencana banjir dan tanah longsor di sejumlah wilayah di Indonesia mengawali tahun 2020. Nah, biasanya beberapa penyakit diprediksi bakal mulai mewabah dan harus diantisipasi.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian penyakit Kementerian Kesehatan, dr Anung Sugihantono, MKes, mengatakan sesuai dengan rilis dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ada beberapa penyakit meningkat.

Beberapa penyakit yang diperkirakan akan melonjak naik seperti demam berdarah, leptospirosis (kencing tikus) dan malaria. Selain itu, penyakit umum lainnya misal diare, pneumonia, gangguan pencernaan, hingga keracunan makanan juga bisa jadi ancaman karena lingkungan yang tidak cukup bersih.

Tak hanya itu, dr Anung juga menuturkan berdasarkan BMKG musim kemarau akan lebih kering dari tahun 2019 lalu.

“Ya kalau itu terjadi, tentu penyakit yang terkait dengan mata misal memerah, pencernaan, pernapasan seperti ISPA, atau yang kontak langsung ke kulit juga pasti akan meningkat. Itu yang harus diantisipasi saat ini sampai seterusnya,” katanya.

Kalau dari data Kemenkes sendiri, yang harus diwaspadai seperti demam berdarah, antraks, dan hepatitis A yang meningkat hingga saat ini.

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here