Tahun 2020, Ini Penyakit yang Diprediksi Bakal Mewabah di Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Bencana banjir dan tanah longsor di sejumlah wilayah di Indonesia mengawali tahun 2020. Nah, biasanya beberapa penyakit diprediksi bakal mulai mewabah dan harus diantisipasi.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian penyakit Kementerian Kesehatan, dr Anung Sugihantono, MKes, mengatakan sesuai dengan rilis dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ada beberapa penyakit meningkat.

Beberapa penyakit yang diperkirakan akan melonjak naik seperti demam berdarah, leptospirosis (kencing tikus) dan malaria. Selain itu, penyakit umum lainnya misal diare, pneumonia, gangguan pencernaan, hingga keracunan makanan juga bisa jadi ancaman karena lingkungan yang tidak cukup bersih.

Tak hanya itu, dr Anung juga menuturkan berdasarkan BMKG musim kemarau akan lebih kering dari tahun 2019 lalu.

“Ya kalau itu terjadi, tentu penyakit yang terkait dengan mata misal memerah, pencernaan, pernapasan seperti ISPA, atau yang kontak langsung ke kulit juga pasti akan meningkat. Itu yang harus diantisipasi saat ini sampai seterusnya,” katanya.

Kalau dari data Kemenkes sendiri, yang harus diwaspadai seperti demam berdarah, antraks, dan hepatitis A yang meningkat hingga saat ini.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini