Film Pengkhianatan G30S/PKI

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kebangkitan PKI lebih dipercaya masyarakat yang memilih PKS, Gerinda, Partai Demokrat dan Partai Nasdem. Fakta itu merupakan hasil survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) periode 23-26 September 2020.

Survei itu melibatkan 1.203 responden yang diwawancara per telepon dan terpilih secara random.

Hasilnya kesadaran soal kebangkitan PKI itu ditemukan pada pemilih PKS yang besarnya 50 persen dan pemilih Gerindra serta Partai Demokrat sebesar 47 persen.

Dari yang mengetahui kebangkitan itu, mereka yang meyakininya lebih banyak pada pemilih NasDem sebesar 76 persen dan PKS sebesar 67 persen.

Namun, menurut Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas, Ph.D, saat mempresentasikan hasil survei nasional SMRC bertajuk “Sikap Publik atas Isu Kebangkitan PKI” yang dikutip Kamis 1 Oktober 2020 secara keseluruhan survei itu, mayoritas warga mengaku tidak mendengar kebangkitan PKI besarnya 64 persen.

Sedangkan yang tahu informasi kebangkitan tersebut hanya 36 persen. Dari jumlah itu yang benar-benar meyakini kebangkitan tersebut hanya 39 persen atau 14 persen dari seluruh populasi.

Sementara yang tidak percaya isu itu hampir 61 persen atau sebesar 22 persen dari seluruh populasi responden.

Hasil survei selengkapnya bisa diakses di https://saifulmujani.com/

Sikap Publik atas Isu Kebangkitan PKI

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here