Survei LSI: 70,6 Persen Pemilih Tak Kenal dengan Caleg

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Laporan terbaru Lingkar Survei Indonesia (LSI) mengungkap sebuah fakta mengejutkan jelang Pemilu 2019 yang digelar 17 April mendatang.

LSI menyebut sebanyak 70,6 persen responden menyatakan tidak mengenal caleg-caleg yang ada saat ini. Sisanya hanya 25,8 persen saja yang kenal, dan 3,6 persen tidak menjawab.

Dari 25,8 persen tersebut, LSI menemukan tingkat pengaruh caleg dan partai kepada responden hanya sebesar 15,6 persen, atau hanya seperempat saja presentase elektabilitas partai dapat dihasilkan dari masing-masing caleg.

Hasil temuan LSI juga mencatat 11 partai terancam tak lolos ambang batas parlemen 4 persen. Salah satu penyebabnya, karena caleg kurang dikenal pemilih.

Minimnya sumbang suara caleg terbukti, dari hasil ranking elektabilitas partai yang menunjukkan dominasi partai lama. Mereka kokoh di puncak klasemen, bahkan lima dari 16 partai dipastikan LSI lolos ambang batas parlemen 4 persen.

Survei terbaru LSI dilakukan secara nasional di 34 provinsi pada rentang 18 Maret hingga 26 Maret 2019. Metode digunakan adalah multistage random sampling.

Total responden dihimpun adalah 1200 orang yang telah memiliki hak memilih di Pemilu 2019. Model wawancara dilakukan adalah tatap muka, dengan margin of error kurang lebih 2,8 persen.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini