Studi Ilmiah, Vaksinasi Percepat Pandemi Covid19 Berakhir

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Vaksinasi Covid19 akan membuat pandemi lebih cepat berakhir karena dua fakta baru menunjukkan Vaksin Pfizer mampu mencegah penularan Covid19.

Dokter relawan Satgas Penanganan Covid19, dr. Muhammad Fajri Addai dalam pesannya kepada Mata Indonesia News, Jumat 26 Februari 2021, kepastian itu berdasarkan dua penelitian vaksin yang dilakukan di Israel dan Inggris.

“Sebelumnya telah dipublikasikan hasil uji klinis bhw vaksin ini mampu mengurangi risiko sakit berat akibat COVID-19 bahkan hingga kematian. Baru saat ini, vaksin tsb terbukti menurunkan transmisi virus melalui laporan data nyata dilapangan (observasional cohort prospektif) di Israel dan Inggris,” ujar Fajri.

Keduanya diunggah secara terbatas di dua jurnal kesehatan dunia ternama, New England Journal of Medicine dan Jurnal Preprint Lancet.

Bagi Fajri kabar itu sangat penting untuk meningkatkan optmisme, sebab menurut Jurnal Nature pandemi akan berakhir lebih cepat jika ada vaksin yang bisa memutus penularan Covid19.

Sementara Vaksin Sinovac kini sedang diteliti efektifitas mencegah penularan tersebut di Brasil.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini