Status Gunung Tangkuban Perahu Jadi Waspada, Radius Aman 1,5 Km

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menaikkan status Gunung Tangkuban Parahu dari normal (level1) menjadi waspada (level II). Masyarakat diimbau untuk tidak mendekat dalam radius 1,5 Km dari pusat kawah.

Peningkatan status Gunung Tangkuban Parahu berlaku mulai Jumat (2/8) pukul 08.00 WIB.

Kepala PVMBG Kasbani mengatakan aktivitas vulkanik Gunung Tangkuban Perahu mengalami peningkatan. Pada Kamis 1 Agustus 2019 pukul 20.46 WIB Gunung Tangkuban Perahu kembali mengalami erupsi disusul dengan tiga erupsi laninnya.

Kemudian pada Jumat 2 Agustus 2019 pukul 01.30 WIB, Gunung Tangkuban Parahu kembali erupsi dengan tiga erupsi lainnya. Total sejak Kamis malam sampai Jumat pagi tercatat telah ada delapan kali erupsi.

Saat ini, pihaknya meminta masyarakat tidak mendekat dalam radius aman 1,5 Km.  “Masyarakat enggak perlu was-was tapi tetap waspada jangan dekati kawah. Di luar 1,5 Km aman, sejauh ini belum ada peningkatan erupsi besar melebihi ancaman. Belum ada ke arah erupsi signifikan,” ujarnya.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini