Stabilkan Harga, Bulog Datangkan 22 Ribu Ton Gula dari India

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sebanyak 22 ribu ton gula impor didatangkan oleh Perum Bulog dari India. Pasokan gula ini untuk mestabilkan kembali harga gula yang naik di pasaran.

Pasokan gula impor itu segera didistribusikan ke masyarakat melalui outlet Bulog, toko ritel, dan pasar tradisional.

Sekretaris Perusahaan Bulog, Awaluddin Iqbal, mengatakan, pasokan gula impor tersebut telah tiba pada pekan lalu di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Namun, gula belum dapat langsung didistribusikan ke pasar lantaran harus melalui proses pengemasan 1 kilogram.

“Insya Allah, dalam minggu depan sisanya akan datang lagi ke Surabaya. Sejauh ini tidak ada gangguan,” kata Awaluddin mengutip Republika.co.id, Kamis 14 Mei 2020.

Ia mengatakan, harga jual gula oleh Bulog kepada toko ritel maupun pengecer pasar tradisional tentu lebih rendah dari harga eceran tertinggi (HET) Rp 12.500 per kilgoram (kg). Dengan begitu, di harapkan harga gula yang diterima konsumen sesuai dengan HET.

Lebih lanjut, Awaluddin mengatakan, Bulog juga berencana untuk melakukan operasi pasar gula ke beberapa wilayah di Jabodetabek yang mengalami kenaikan harga tertinggi. Diharapkan, harga komoditas gula dapat segera diintervensi dari yang saat ini dihargai lebih dari Rp 16 ribu per kilogram.

“Kita akan sebar ke beberapa pasar secara langsung, kita sebarkan ke pengecer dan dia harus jual sesuai HET kepada konsumen,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo, pada Rabu 13 Mei 2020 kemarin menyoroti soal masih tingginya harga gula di tingkat konsumen. Ia pun meminta agar jajarannya kembali mengecek persediaan gula nasional dan proses mekanisme distribusi. Presiden pun meminta agar harga gula dapat segera turun demi menaikkan kembali daya beli masyarakat yang melemah akibat Covid-19.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini