Sri Mulyani: Indonesia Sangat Bisa Seperti Jepang, Korea Selatan atau Singapura

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Indonesia sangat bisa menjadi negara maju dengan pendapatan per kapita 23 ribu dolar AS pada 2045. Meski saat ini Indonesia masih berada dalam kategori negara berpendapatan menengah, namun jika kita bisa menjaga pertumbuhan pendapatan per kapita seperti sekarang hal itu bisa tercapai.

Menurut Menteri Keuangan, Indonesia bisa menjadi negara seperti Jepang, Korea Selatan atau Singapura sekalipun.

Saat ini, Indonesia termasuk dalam negara berpendapatan menengah. Meskipun begitu, jika dilihat dari pertumbuhan pendapatan per kapita, kita makin menunjukkan peningkatan menuju negara berpendapatan menengah atas (Middle upper income country).

Peralihan menjadi negara maju harus diikuti peralihan transformasi sektor-sektor usaha baik manufaktur maupun jasa dengan produktivitas yang tinggi.

Tidak hanya itu, Indonesia juga harus mengejar ketertinggalan pembangunan berbagai infrastruktur, penyederhanaan sistem regulasi, birokrasi, serta yang tak kalah penting peningkatan kualitas SDM.

Hal yang terakhir untuk menopang transformasi sektor usaha dengan menyediakan SDM yang memiliki kemampuan sesuai kebutuhan zaman.

Maka, Sri Mulyani meminta para mahasiswa, terus memacu semangat dan optimisme agar Indonesia maju tidak hanya ada dalam bayangan kita saja, tetapi segera diwujudkan untuk masa depan para generasi penerus bangsa.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini