Soal Video ‘Papua Tanah Israel Kedua’, Kemendagri Bakal Panggil Sekda Papua

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan memanggil Sekda Papua, TEA Hery Dosinaen terkait video viral di dunia maya yang menyebut Papua sebagai tanah kedua Israel.

Tjahjo mengatakan sedang meminta jajarannya untuk mempelajari isi video tersebut. Jika diperlukan, Hery Dosinaen akan didatangi atau dipanggil untuk klarifikasi.

Ditanya kapan pemanggilan terhadap Hery akan dilakukan, Tjahjo hanya menjawab secepatnya. Kemendagri lebih dulu akan memantau situasi karena kondisi di Papua, khususnya di Manokwari saat ini sedang tidak kondusif.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Bahtiar mengatakan apa pun itu, siapa pun warga negara, apalagi pejabat negara yang membuat pernyataan yang bertentangan dengan konstitusi jelas tidak benar.

Bahtiar mempersoalkan pernyataan Hery yang menyebut Papua sebagai tanah kedua Israel. Menurutnya, Indonesia dan Israel sama sekali tak mempunyai hubungan diplomatik.

Kemendagri ditegaskan Bahtiar akan mengedepankan asas praduga tidak bersalah. Namun, jika memang terbukti bersalah, menurut Bahtiar, Kemendagri akan memberikan sanksi kepada Hery.

Diketahui, video Sekda Papua, TEA Hery Dosinaen, sedang viral di dunia maya. Video berdurasi 43 detik itu, Hery Dosinaen mengklaim pernyataannya mewakili atas nama Gubernur Papua. Dia meminta warga Papua pada 15 Agustus berdoa bagi bangsa ini.

Berikut ini kutipan perkataan Hery dalam video tersebut:

Atas Nama Gubernur Papua saya mengimbau kepada seluruh masyarakat di tanah Papua, di lembah, pantai, gunung, rawa, sungai, mari pada 15 Agustus 2019, kita sisihkan waktu 1 jam untuk berdoa bagi bangsa ini, untuk berdoa bagi tanah Papua, Tanah Israel Kedua, The Second Land of Israel.

Saya yakin dan percaya, dengan hati yang tulus kita mendoakan tanah ini. Saya yakin Papua pasti bangkit, maju, mandiri, dan sejahtera, serta berkeadilan.

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini