Soal Demo 22 Mei, Ketum NasDem: Tindak Tegas Perusuh

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Partai Nasdem melalui Ketua Umumnya, Surya Paloh angkat bicara terkait peristiwa yang akhir ini terjadi tentang aksi demo 21 dan 22 Mei ini.

NasDem meminta semua pihak menghormati keputusan KPU yang telah melakukan penetapan rekapitulasi, jika ada yang tidak puas dengan penetapan KPU, NasDem harap bisa diselesaikan sesuai aturan negara.

“Pemilu merupakan produk demokrasi yang oleh karenanya setiap pihak harus menghormati setiap hasil dan keputusan yang ada. Apabila ada pihak-pihak yang kurang puas terhadap hasil pemilu, bisa menempuh jalur yang telah ditentukan sesuai dengan koridor dan ketentuan yang ada,” ujar Surya melalui keterang tertulisnya yang diterima, Kamis 23 Mei 2019.

Menurut Paloh, pemilu adalah sarana untuk mewujudkan sarana memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena itu, dia menilai jika ada tindakan-tindakan yang merusak dan memaksakan kehendak, maka itu bertentangan dengan tujuan berdemokrasi.

“Mengajak seluruh elemen bangsa untuk mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa. Partai NasDem menghormati proses menyampaikan pendapat di muka umum sebagai salah satu hak warga negara yang dijamin oleh undang-undang, namun demikian proses tersebut harus senantiasa sesuai dengan koridor perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Dia mengatakan proses penyampaian pendapat tidak boleh disertai dengan pemaksaan kehendak karena bisa menciderai nilai-nilai demokrasi. NasDem, lanjut Paloh, akan mendukung setiap langkah pemerintah dalam menjaga Indonesia. Paloh menegaskan akan tetap mendukung segala upaya pemerintah dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Partai NasDem akan selalu mendukung langkah dan upaya yang diambil oleh TNI dan Polri termasuk tindakan tegas terhadap pihak-pihak yang hendak membuat negara ini terpecah belah, jika dipandang terpaksa. Bagi NasDem, keutuhan republik ini di atas segala-galanya, termasuk di atas simbol dan ekspresi kebebasan dalam demokrasi,” katanya.

Terakhir, dia mengimbau agar masyarakat tetap tenang di tengah-tengah peristiwa yang memanas ini. Dia juga meminta seluruh kader NasDem juga membantu mencairkan suasana di tengah situasi memanas ini.

“Saya memerintahkan kepada setiap kader Partai NasDem untuk tetap siaga merespon perkembangan yang ada dan secara aktif menciptakan suasana harmoni dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya.

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini