MATA INDONESIA, JAKARTA – Sirkuit Mandalika menjadi perbincangan hangat para pecinta MotoGP di Indonesia. Sirkuit yang terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ini kabarnya akan dijadikan tempat pagelaran MotoGP 2021 nanti.

Akan tetapi, untuk kalian pecinta MotoGP sepertinya jangan berekspektasi tinggi dulu dikarenakan Dorna Sports sebagai penyelenggara MotoGP telah merilis jadwal sementara MotoGP 2021.

Terdapat 20 slot sirkuit balap dalam jadwal tersebut. Indonesia, melalui sirkuit MotoGP Mandalika masuk dalam reserve grand prix venue atau dengan kata lain sirkuit Mandalika hanya sebatas sirkuit cadangan dalam pagelaran MotoGP 2021 yang berstatus subject to homologation.

Sirkuit ini memiliki 17 tikungan dengan total panjang sirkuit 4,31 kilometer. Sirkuit yang terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ini juga akan mempunyai 40 garasi di area paddock, 50 ribu kapasitas duduk untuk penonton, 138.000 kapasistas area berdiri untuk penonton dan hospitality suites dibangung dengan kapasitas 7.700 orang.

Sirkuit Mandalika yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini masih dalam tahap konstruksi untuk mengejar target debut sebagai tuan rumah MotoGP pada 2021. BUMN konstruksi dan investasi nasional juga menyampaikan bahwa sampai pekan ketiga November 2020 ini proses pembangunan sirkuit Mandalika sudah mencapai 32,50 persen dan tetap optimistis dapat diselesaikan pada pertengahan 2021.

Walaupun hanya masuk sebagai reserve grand prix venue untuk MotoGP 2021, bagi kalian pecinta MotoGP tidak usah kecewa dikarenakan sirkuit ini sudah dikontrak untuk jangka waktu 10 tahun, mulai 2021-2031. Jadi, walaupun nanti pada MotoGP 2021 sirkuit ini tidak digunakan, cepat atau lambat MotoGP tetap akan diselanggarakan di Sirkuit Mandalika karena masa kontrak yang lama.

Reporter: Teuku Khanif Miftaputra

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here