Sinovac dan Vaksin Buatan Cina Lainnya Terus Dipercaya Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Vaksin buatan Cina termasuk Sinovac terus mendapat kepercayaan dunia. Sebab setidaknya sudah 20 negara menggunakan vaksin itu untuk menghalau Covid19.

Menurut laporan Global Times semakin banyaknya negara yang mempercayai vaksin-vaksin dari Cina membuat negara-negara Barat melalui media mereka selalu menjadikan kemanjuran dan keamanan vaksin tersebut sebagai isu mereka.

Apalagi selama ini pasar vaksin dunia sebagian besar didominasi empat perusahaan farmasi barat seperti Pfizer, Merck, GSK dan Sanofi. Sangat sedikit ruang pasar untuk vaksin-vaksin dari Cina.

Empat besar produsen utama menempati sekitar 90 persen pasar vaksin internasional, menurut laporan Guangfa Securities pada Maret 2020.

Global Times melaporkan selain Sinovac, vaksin produksi Sinopharm dan Cansino juga banyak dicari negara-negara dunia.

Selain Indonesia, vaksin produksi perusahaan Cina juga dibeli Turki, Malaysia bahkan Serbia yang sudah terikat pembelian vaksin Sputnik V COVID-19 Rusia serta Pfizer AS dan BioNTech Jerman, tetap tertarik membeli vaksin Cina.

Pekan lalu Serbia sudah mendapat kiriman batch pertama vaksin dari Cina sebanyak satu juta dosis.

Indonesia bahkan diketahui sudah memesan 125,5 juta dosis dan Malaysia sebanyak 14 juta dosis. Menurut catata Xinhua, Thailand dan Filipina akan menyusul.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini