Simpang Susun Jalan Tol Batang-Semarang Beroperasi September 2021

Baca Juga

MATA INDONESIA, SEMARANG – Pemerintah terus mengejot pembangunan sejumlah infrastruktur. Salah satunya adalah simpang susun Jalan Tol Batang-Semarang sepanjang 3,1 kilometer. Proyek ini ditargetkan beroperasi pada September 2021. Simpang susun yang akan menunjang akses menuju Kawasan Industri Terpadu Batang ini dibangun di KM 371+750.

”Direncanakan uji laik operasi pada Agustus 2021 dan diharapkan dapat beroperasi pada September 2021,” ujar Sekretaris Badan Pengelola Jalan Tol Triono Junoasmono dalam keterangannya seperti dikutip pada Minggu, 6 Juni 2021.

Saat ini proses pembangunan simpang susun Batang sudah mencapai 64,06 persen. Pengerjaan simpang susun ini telah memasuki pengerasan rigid pavement. Adapun pekerjaan jalan simpang susun akses Batang meliputi delapan pekerjaan, yakni pembangunan dinding kantor, atap gerbang tol (GT), erection girder, saluran samping dan solid sodding.

Kemudian, pekerjaan drainage layer LC dan rigid di lokasi F, H, dan D, serta saluran samping. Pembebasan lahan yang dibutuhkan untuk proyek ini diklaim sudah kelar 100 persen. Triono menjelaskan, lahan bakal simpang susun tersebut merupakan milik PT Perkebunan Nusantara atau PTPN.

Simpang susun Kawasan Industri Batang dikelola oleh badan usaha jalan tol, yakni PT Jasamarga Semarang Batang (JSB). Pembangunan jalan ini, selain untuk membuka akses ke kawasan industri, juga merupakan upaya untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

”Dalam proses pembangunan konektivitas pendukung KIT Batang, diharapkaan semaksimal mungkin memanfaatkan tenaga kerja lokal dan produk dalam negeri,” Kata Triono.

Setelah beroperasi, Kawasan Industri Batang bisa membuka peluang lapangan kerja. Adapun pembangunan area industri sudah mencapai 450 hektar dari total 4.300 hektare kawasan. Sentra industri ini akan menjadi pusat investasi yang berkaitan dengan teknologi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini