Siklon Seroja Ancam Jawa Barat hingga Aceh

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan ancaman Siklon Seroja yang disebut hingga Jawa Barat bahkan sampai Aceh pada 6-7 April 2021.

“Siklon Tropis Seroja di perairan Pulau Sawu membuat pola angin di wilayah Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari barat laut-timur laut dengan kecepatan berkisar 5-20 knots (10 km/jam – 40 km/jam),” ujar Kepala Pusat Meteorologi Maritim, Eko Prasetyo, Selasa 6 April 2021.

Sedangkan angin di wilayah selatan Indonesia umumnya angin bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5-45 knots.

Kecepatan angin tertinggi menurut Eko akan terpantau di perairan barat Lampung-selatan Jawa Barat, perairan Pulau Sumba, perairan Pulau Sawu, perairan Kupang-Pulau Rote, Samudra Hindia selatan Nusa Tenggara Timur.

Sedangkan potensi gelombang ekstrem akibat siklon tersebut terjadi di Samudera Hindia selatan Nusa Tenggara Timur dengan ketinggian hingga enam meter.

Sementara gelombang dengan ketinggian 4-6 meter diperkirakan terjadi di Samudera Hindia selatan Jawa Barat sampai dengan Nusa Tenggara Barat. Selain itu perairan selatan Pulau Sumba dan perairan Pula Sawu.

Sedangkan gelombang dengan tinggi 2,5 – 4 meter terjadi di perairan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeuleu, Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu hingga Lampung.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini